Dihibur Putri Ariani, KBRI Washington Sukses Gelar Resepsi Diplomatik

Jurnalis: Mustopa
Editor: Muhammad Faizin

30 September 2023 08:20 30 Sep 2023 08:20

Thumbnail Dihibur Putri Ariani, KBRI Washington Sukses Gelar Resepsi Diplomatik Watermark Ketik
Putri Ariani saat menghibur tamu undangan dalam acara resepsi diplomatik di KBRI Washington (Foto: KBRI Washington)

KETIK, JAKARTA – Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Washington DC sukses menggelar resepsi diplomatik HUT ke-78 RI. Acara ini menghadirkan Menteri Intelijen Nasional Avril Haines dan Menteri Perdagangan Luar Negeri, Katherine Tai.

Kehadiran dua srikandi Amerika Serikat tersebut membuktikan bahwa Indonesia memiliki posisi strategis. Sekaligus menegaskan komitmen Pemerintah AS terhadap hubungan bilateralnya dengan pemerintah Indonesia.

Resepsi diplomatik dihadiri pejabat pemerintah, korps diplomatik negara sahabat, tokoh masyarakat, lembaga think tanks hingga organisasi internasional. Acara juga dihadiri Arrmanantha Nasir yang merupakan wakil RI untuk PBB di New York.

Resepsi diplomatik dihibur oleh penyanyi Indonesia yang tengah naik daun setelah menjadi finalis America's Got Talent 2023, Putri Ariani. Ia punya banyak penggemar di Amerika berkat performa memukau di ajang pencarian bakat itu.

Duta Besar RI untuk Amerika Serikat, Rosan P. Roeslani dalam sambutannya menyinggung kerjasama Indonesia dengan Amerika yang semakin erat. Ia menegaskan bahwa situasi itu tak akan berubah dengan adanya pemilu di kedua negara.

"Kemitraan Indonesia-AS akan terus dikuatkan, apapun hasil dari Pemilu Presiden tahun 2024. Komitmen tersebut saya dapatkan langsung dari ketiga kandidat calon presiden Indonesia," jelas Roeslan dalam keterangannya, Sabtu (30/9/2023).

Sementara Menteri Intelijen Nasional AS Avril Haines mengapresiasi peran penting Indonesia di kawasan hingga global. Ia juga menyinggung kemitraan Indonesia dan Amerika yang semakin menguat.

Terlebih kedua negara akan meningkatkan status kemitraan dari Comprehensive Partnership menjadi Comprehensive Strategic Partnership. Komitmen itu sudah diumumkan oleh pemimpin kedua negara di sela-sela KTT ASEAN-AS beberapa waktu lalu.

Hal senada diungkapkan Menteri Perdagangan Luar Negeri Katherine Tai. Ia optimistis hubungan kedua negara yang akan memberikan dampak positif mulai dari stabilitas hingga kemakmuran.

"Tahun 2024 akan menandai 75 tahun hubungan diplomatik AS-Indonesia dan saya yakin 75 tahun mendatang akan terus membawa stabilitas dan kemakmuran yang inklusif bagi rakyat kedua negara," tegasnya.

Acara resepsi diplomatik ditandai pemotongan Tumpeng sebagai bentuk penghormatan dan harapan terhadap hubungan Indonesia-AS yang lebih. Dubes Rosan mengajak Menteri Haines dan Tai dalam prosesi tersebut.

Sekitar 200 tamu undangan yang hadir dijamu dengan kuliner khas Indonesia. Seperti aneka sate, soto ayam, hingga kambing guling, yang diiringi dengan alunan rindik gamelan.

Penampilan Putri Ariani menutup rangkaian resepsi diplomatik. Rising star bernama lengkap Ariani Nisma Putri ini menyanyikan I Always Love You, dan Loneliness yang merupakan lagu ciptaannya sendiri. Lagu Don’t Let the Sun Go Down on Me menjadi penampilan pemungkasnya dalam acara itu.(*)

Tags:

Putri Ariani KBRI Washington Rosan P. Roeslani Resepsi Diplomatik