Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jatim Gelar Pelatihan Produk Barang Hantaran dan Hias Uang Mahar

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: Mustopa

7 Desember 2023 04:44 7 Des 2023 04:44

Thumbnail Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jatim Gelar Pelatihan Produk Barang Hantaran dan Hias Uang Mahar Watermark Ketik
Dinas Koperasi dan UMKM Jatim buat pelatihan pembuat uang mahar dan hantaran untuk nikahan, Kamis (7/12/2023). (Foto: Khaesar/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jatim menggelar pelatihan produk barang hantaran pernikahan dan hiasan uang mahar. Tujuannya untuk mengembangkan peluang bisnis dan penguatan sumber daya manusia.

Barang hantaran pernikahan dan hiasan uang mahar banyak dicari dalam momentum tertentu. Peluang itu pun ditangkap para pelaku UMKM sebagai ladang bisnis yang menjanjikan.

"Produk hantaran pernikahan dan mahar uang banyak dijual oleh para UKM untuk keperluan seserahan, lamaran dengan harga tinggi maupun rendah, sesuai dengan kualitasnya," kata Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jatim Andromeda Qomariah, Kamis (7/12/2023).

Hantaran pernikahan disusun dengan berbagai macam bahan, peralatan sholat, pakaian, tas, sepatu, make up, peralatan mandi atau susunan uang dengan memilih warna senada agar terlihat unik dan cantik.

Hantaran biasanya dijual dengan harga yang bervariatif sesuai dengan jumlah bahan yang disusun. Membuat kerajinan dibutuhkan ketekunan untuk mendesain produk yang diinginkan kemudian diaplikasikan pada barang-barang yang akan disusun untuk memperoleh nilai seni tinggi.

Kreatifitas, kejelian melihat permintaan pasar, akan membawa peluang untuk menjadikan ladang membuka usaha berbisnis hantaran pernikahan yang cukup banyak diminati pasangan-pasangan muda yang akan melanjutkan ke jenjang pernikahan.

"Ayo bangun semangat berbisnis kita, kembangkan kreatifitas dan inovasi tanpa henti. Bisnis yang besar dimulai dari yang kecil. Bisnis yang sukses dan kuat karena sebuah proses," ucap Andromeda.

"Mari kita gaungkan terus kesadaran masyarakat untuk mencintai dan bangga dengan produk-produk UKM sehingga dapat semakin mendorong munculnya para wirausahawan baru di Jawa Timur," pungkasnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

UMKM Dinas Koperasi dan UMKM Jatim jatim koperasi