Dinas Peternakan Jatim Pastikan Hewan Kurban di Jatim Sehat

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: Muhammad Faizin

18 Juni 2024 22:20 18 Jun 2024 22:20

Thumbnail Dinas Peternakan Jatim Pastikan Hewan Kurban di Jatim Sehat Watermark Ketik
Proses pemotongan hewan kurban di Surabaya, Selasa (18/6/2024). (Foto: Khaesar/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Hari raya idul adha, Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur memastikan hewan kurban yang disembelih sehat tanpa terkena penyakit mulut dan kuku (PMK). Kepastian ini setelah dilakukan pemeriksaan antemortem yang dilakukan dokter hewan dari universitas di Jatim amupun petugas Dinas Peternakan Jatim.

"Kami sudah melakukan SOP (Standart Oprasional Produksi) dan pemeriksaan lalu lintas untuk mengantisipasi adanya hewan kurban yang terkena penyakit PMK," ucap Kepala Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur Indyah Aryani, Selasa (18/6/2024).

Indy mengatakan pemeriksaan hewan kurban ini sudah dilakukan di kabupaten dan kota. "Ini setelah dilakukan pemeriksaan di surat edaran ke kepala dinas," ucapnya.

Indy menambahkan pihaknya juga menerjunkan ribuan petugas untuk memastikan hewan kurban Jatim bebas penyakit.

"Kami sudah melakukan sosialisasi kepada perangkat daerah mengenai pergerakan hewan ternak ke kabupaten satu ke kabupaten lainnya melalui beberapa prosedur. Salah satunya surat rekomendasi penerimaan baik dari kabupaten pengirim dan penerima. Kemudian selanjutnya diikuti dengan sertifikat veteriner yang dikeluarkan oleh petugas terkait, serta dilengkapi dengan vaksin hewan ternak minimal satu kali,” terangnya,

Lebih lanjut Indy mengatakan pihaknya juga memastikan bahwa hewan kurban yang ada di Jatim terbebas dari penyakit seperti Penyakit Mulut dan Kulit (PMK) dan Lumpy Skin Disease (LSD). Menurutnya seluruh hewan ternak yang dikurbankan dipastikan harus sehat dan bebas dari penyakit.

“Untuk menjamin keamanan dan kesehatan hewan kurban, dikerahkan sebanyak 153 petugas pemeriksa hewan kurban. Jadi hewan kurban ini menjalani pemeriksaan ante mortem dan post mortem,” tegasnya.

Dinas Peternakan Jatim mencatat ada sebanyak 30.229 lokasi pemotongan hewan yang tersebar di 38 kabupaten/kota. (*)

Tombol Google News

Tags:

Dinas Peternakan Jatim Idul Adha 2024 Hewan kurban sapi Kambing