Disambangi Unair, Masyarakat Desa Tebel Jombang Diberi Pelatihan Finansial dan Kesehatan Mental

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: M. Rifat

3 Agustus 2024 06:15 3 Agt 2024 06:15

Thumbnail Disambangi Unair, Masyarakat Desa Tebel Jombang Diberi Pelatihan Finansial dan Kesehatan Mental Watermark Ketik
Pengmas Unair gandeng BMT Muda berikan pelatihan finansial dan kesehatan mental di desa Tebel, Jombang (1/8/2024). (Foto: Unair)

KETIK, JOMBANG – Terus berupaya meningkatkan kualitas hidup para petani, Pengabdian Masyarakat Universitas Airlangga menggandeng Baitul Maal Wa Tamwil (BMT) Muda menggelar program pelatihan finansial dan kesehatan mental pada Kamis (1/8/2024).

Pengmas ini bertajuk Harmonisasi Kesehatan Finansial dan Kesehatan Mental untuk Meningkatkan Kualitas Hidup pada Kelompok Istri Petani.

Acara ini dihadiri oleh kelompok istri petani serta perangkat desa yang diselenggarakan di Balai Desa Tebel, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang.

Ketua Pelaksana Pengmas Elva Farihah menjelaskan pelaksanaan kegiatan ini merupakan hasil kolaborasi diantara Fakultas Vokasi, Fakultas Psikologi, dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga.

Menurutnya, para petani sering dihadapkan pada masalah pendapatan yang berfluktuasi akibat faktor cuaca, harga komoditas, dan hama tanaman.

"Seringkali petani cenderung bergantung pada pinjaman rentenir dengan tingkat bunga yang tinggi dalam upaya mengatasi kesulitan keuangan," jelasnya.

Elva menambahkan hal ini justru semakin meningkatkan tekanan finansial yang dihadapi dan stres secara psikologis.

"Oleh karena itu, kegiatan ini berfokus pada edukasi dan pelatihan kepada masyarakat mengenai pentingnya keseimbangan antara kesehatan finansial dan kesehatan mental," terangnya.

Pengmas itu disambut baik oleh Kepala Desa Tebel Khoiman. Dia sangat mendukung kegiatan pengabdian masyarakat yang diselenggarakan oleh Universitas Airlangga ini.

Menurutnya, harmonisasi kesehatan finansial dan kesehatan mental sangat penting bagi kualitas hidup istri petani di desa kami.

"Kami berharap melalui kegiatan ini, para peserta mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari untuk mencapai kesejahteraan yang lebih baik," jelasnya.

Acara ini diisi dengan materi dan praktik langsung mengenai pengelolaan keuangan yang baik, serta teknik-teknik untuk menjaga kesehatan mental di tengah tekanan kehidupan sehari-hari.

Adapun sesi materi dibagi menjadi tiga topik utama. Pertama, perencanaan keuangan keluarga yang disampaikan oleh narasumber Yossy Imam Candika.

Kedua, literasi kesehatan mental yang dipaparkan oleh Bani Bacan Hacantya Yudanagara.

Ketiga, implementasi perencanaan keuangan keluarga dengan studi kasus pada BMT Muda, yang disampaikan oleh Shochrul Rohmatul Ajija.

Pihak penyelenggara berharap melalui program ini, masyarakat Desa Tebel dapat menerapkan pengetahuan yang didapat untuk mencapai kesejahteraan yang lebih baik, baik dari segi finansial maupun mental.

Pengabdian masyarakat semacam ini menjadi langkah konkret dalam meningkatkan kualitas hidup dan kemandirian warga setempat.

Selanjutnya Universitas Airlangga bersama BMT Muda dan pemerintah Desa Tebel berkomitmen untuk terus mendukung program-program yang bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat. (*)

Tombol Google News

Tags:

pengmas Unair pengadian masyarakat BMT Muda pelatihan finansial kesehatan mental Desa Tebel Jombang