Disinggung Gibran Soal Catatan di Debat, Cak Imin: Yang Penting Bukan Catatan MK

Jurnalis: Sholeh
Editor: M. Rifat

22 Januari 2024 09:37 22 Jan 2024 09:37

Headline

Thumbnail Disinggung Gibran Soal Catatan di Debat, Cak Imin: Yang Penting Bukan Catatan MK Watermark Ketik
Cawapres no 2 Muhaimin Iskandar dalam debat keempat Pilpres 2024 di JCC, Jakarta (21/1/2024). (Foto: Tangkapan layar YouTube KPU)

KETIK, JAKARTA – Cawapres No urut 1 Muhaimin Iskandar atau Cak Imin memberikan respon pedas kepada Cawapres no 2 Gibran Rakabuming Raka saat disinggung soal mencatat dalam debat Pilpres 2024 Minggu (21/1/2023) malam.

"Enak banget ya gus ya jawabnya sambil membaca catatan tadi," kata Gibran menanggapi statement cak Imin terkait ketersediaan pupuk subsidi dan pupuk organik dalam tema debat terkait lingkungan hidup, energi hingga pangan.

Menurut Gibran, kunci ketersediaan pangan adalah ekstensifikasi dan intensifikasi lahan. Dikatakannya, pemerintah sudah membangun pabrik pupuk di Fak fak Papua untuk meningkatkan produktivitas.

Kemudian, Paslon 02 akan menggenjot kawasan industri pupuk yang dekat dengan lahan pertanian untuk meningkatkan produktivitas pertanian.

"kita pengen meningkatkan produktivitas para petani pakai RMU, pakai combine harvester dan juga kita melibatkan generasi muda melalui smart farming untuk melihat PH tanah, keasaman tanah, kesuburan tanah dan juga penggunaan drone untuk penyemprotan pestisida, terima kasih," kata Gibran.

"Terima kasih pak Gibran yang sampean sampaikan hanya mengulang apa yang saya sampaikan," kata cak Imin menanggapi Gibran.

Kemudian cak Imin menjelaskan, kebutuhan pangan nasional sangat besar. Oleh karena itu pemerintah tidak boleh diam, harus turun tangan. Selain itu menurutnya, seluruh perangkat undang-undang yang menyangkut perlindungan petani dan produksi sebetulnya lengkap, tinggal implementasi saja.

"Terima kasih (pertanyaannya). Saya catat sedikit, yang penting ini bukan catatan Mahkamah Konstitusi," kata Muhaimin, dalam sesi ketiga debat cawapres saat menjawab pertanyaan kebijakan yang akan diambil agar masyarakat desa mau tinggal di desa dan membangun desa.(*)

Tags:

debat capres pemilu2024 pilpres2024 Muhaimin Iskandar Gibran