Dorong Peningkatan Konsumsi Ikan, Sekdaprov Sulsel Serahkan Paket Bantuan

Jurnalis: Samsul HM
Editor: Mustopa

18 September 2024 18:20 18 Sep 2024 18:20

Thumbnail Dorong Peningkatan Konsumsi Ikan, Sekdaprov Sulsel Serahkan Paket Bantuan Watermark Ketik
Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Selatan, Jufri Rahman saat menyerahkan paket bantuan kepada siswa (Foto: Humas Pemprov Sulsel)

KETIK, TANA TORAJA – Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Selatan (Sekdaprov Sulsel), Jufri Rahman bersama Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Sulsel, Melani Simon menghadiri Peringatan Hari Jadi Toraja yang ke 777 tahun dan Hari Jadi Tana Toraja yang ke 67 tahun pada Senin, 16 September 2024.

Dalam kesempatan itu, Sekdaprov bersama Ketua DWP Sulsel menyerahkan bantuan paket olahan makanan ikan kepada masyarakat. Jufri Rahman juga membagikan bantuan seragam sekolah kepada para pelajar dari tingkat PAUD hingga SMA.

Bantuan diserahkan usai Sekda Sulsel Jufri Rahman menyampaikan sambutan Pj Gubernur Sulsel Prof Zudan Arif Fakrulloh di Plaza Kolam Makale. Bantuan tersebut merupakan bagian dari Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan).

Menurut Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Sulsel, M Ilyas, bantuan produk olahan makanan ikan yang diberikan sebanyak 500 paket, hasil kerja sama dengan beberapa unit pengelola ikan. Kegiatan tersebut digelar setiap tahun dan dipusatkan di Tana Toraja dalam dua tahun terakhir.

Dipilihnya Tana Toraja karena karena konsumsi ikan di wilayah tersebut sangat rendah karena letak geografisnya yang jauh dari laut. Sehingga kegiatan dianggap penting angkanya semakin meningkat. 

"Kita mau dorong ke depan, supaya angka konsumsi ikan naik juga sama dengan kabupaten lain. Maka kita akan dorong budidaya air tawar di Toraja," ungkap Ilyas dalam keterangan yang diterima, Rabu, 18 September 2024.

Gemarikan digalakkan juga dalam upaya untuk mengurangi stunting. "Jadi paling tidak bisa mencapai 50kg per kapita per tahun, minimal itu ya, kalau yang lain kan sudah ada yang 69 bahkan sudah ada 70 malah di kabupaten lain," imbuhnya.

Sebenarnya banyak UMKM di Tana Toraya yang memproduksi olahan ikan dan cukup diminati oleh masyarakat. Sehingga pihaknya akan berusaha mendorong produksinya dengan berupaya untuk menjaga kualitas.

"Jadi itu yang lagi kita diskusikan teman-teman, terutama yang kepala dinas pemerintah di Tana Toraja, termasuk teman-teman dari dewan agar bisa mengusulkan semacam mobil untuk mengirim ikan-ikan dari pesisir naik ke wilayah Tana Toraja," lanjut Ilya.

"Jadi, harapan kita itu tadi, mudah-mudahan gemar makan ikan itu mulai di Toraja terutama anak-anak mulai menggemari makan ikan olahan yang juga diproduksi teman-teman UMKM di Tana Toraja," pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Pemprov Sulsel Gemarikan Tana Toraja