Dua Kepala Daerah Saksikan PKS Perumda Tugu Tirta Kota Malang dengan Perumda Trunojoyo Sampang

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Gumilang

10 Agustus 2024 12:45 10 Agt 2024 12:45

Thumbnail Dua Kepala Daerah Saksikan PKS Perumda Tugu Tirta Kota Malang dengan Perumda Trunojoyo Sampang Watermark Ketik
PKS antara Perumda Tugu Tirta dan Perumda Trunojoyo terhadap penggunaan aplikasi ToSS. (Foto: Lutfia/Ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang telah melakukan penandatanganan kerjasama (PKS) dengan Perumda Air Minum Trunojoyo Sampang, Sabtu (10/8/2024).

PKS tersebut terkait penggunaan aplikasi berlangganan teknologi informasi digital Total System Solution (ToSS) milik Perumda Tugu Tirta Kota Malang oleh Perumda Trunojoyo Sampang.

ToSS menyediakan fitur yang dapat memantau keseluruhan proses bisnis perusahaan air minum. Mulai dari akuntan, sistem pelanggan, HRD, dan juga Rencana Pengamanan Air Minum (RPAM). 

Dirut Perumda Tugu Tirta, Priyo Sudibyo menjelaskan sudah banyak Perumda air minum, PDAM, hingga BUMN yang telah bekerjasama menggunakan ToSS. PKS yang dilakukan antara Perumda Tugu Tirta dan Trunojoyo langsung dihadiri kedua kepala daerah.

Dalam hal ini Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat dan Pj Bupati Sampang Rudi Arifiyanto. "Jangka waktu kerjasama empat tahun, per satu tahun kita evaluasi lagi. Tapi yang pasti ini pengembangan di luar bisnis air. Tetap kami akan mengutamakan bagaimana yang terbaik bagi pelanggan," ujar Priyo Sudibyo.

Aplikasi ToSS, Dapat memudahkan perusahaan dalam menilai kinerja sumber daya manusia. Dalam aplikasi juga terdapat program training pengguna aplikasi, hingga adanya jaminan layanan terintegrasi data. 

"Mudah-mudahan dengan PKS dan penggunaan aplikasi ini bisa menjadikan Perumda Trunojoyo sukses bersama Tugu Tirta. Tentunya diikuti oleh Perumda daerah lain," tambahnya. 

Sementara itu Pj Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat turut mengapresiasi kerja sama tersebut. Ia berharap semakin banyak daerah yang turut bergabung dengan ToSS milik Perumda Tugu Tirta. 

"Tentunya kami berharap kerja sama ini memberikan peningkatan kinerja terutama di Perumda Trunojoyo. Kami berharap kerja sama ini memberikan satu nilai tambah selain kinerja," ucap Wahyu. 

Wahyu turut berpesan agar kerja sama tersebut tidak membuat Perumda Tugu Tirta berpuas diri. Terlebih Perumda Tugu Tirta bertanggungjawab atas kepuasan layanan dari pelanggan. 

"Perumda Tugu Tirta punya tanggungjawab besar terkait aplikasi ToSS. Kerja sama ini salah satu tolak ukur keberhasilan namun tanggung jawab utama tetap harus dilakukan. Utamanya memberi pelayanan terbaik bagi warga Kota Malang," tuturnya.

Pj Bupati Sampang Rudi Arifiyanto juga menanggapi perjanjian kerjasama tersebut. "Semoga dengan penandatanganan perjanjian kerjasama ini Perumda Trunojoyo dapat lebih maju dan lebih baik lagi dalam melayani masyarakat," katanya.

Diketahui, aplikasi ToSS sendiri telah didirikan oleh Perumda Tugu Tirta Kota Malang sejak 2021 lalu. Namun, karena aplikasi tersebut tak dikembangkan, maka kini kembali dikembangkan oleh Priyo Sudibyo dan berhasil menjalin kerjasama dengan Prumda Trunojoyo Sampang melalui pengembangan diluar bisnis air.(*)

Tombol Google News

Tags:

Perumda tugu tirta Kota Malang Perumda Trunojoyo Sampang PKS ToSS