Flyover Djuanda Mulai Diuji Coba Fungsional dengan Sistem Buka Tutup

Jurnalis: Yudha Fury
Editor: Muhammad Faizin

15 Desember 2023 18:35 15 Des 2023 18:35

Thumbnail Flyover Djuanda Mulai Diuji Coba Fungsional dengan Sistem Buka Tutup Watermark Ketik
Di beberapa titik jalanan flyover masih terlihat berdebu. (Foto:Yudha/ketik.co.id)

KETIK, SIDOARJO – Flyover Djuanda atau Aloha mulai dibuka untuk uji coba fungsional per hari ini, Jumat (15/12). Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jawa-Bali membuka akses jalan Flyover yang berada di Bundaran Aloha ini sekitar pukul 10.30 WIB. Selain untuk uji coba, pembukaan sengaja dilakukan untuk memperlancar arus lalu lintas jelang libur Natal 2033 dan Tahun Baru 2024.

Pejabat Pembuat Komitmen BBPJN Jawa Bali I Made Gede Widhiyasa menjelaskan dalam uji coba jam pembukaan flyover dibagi menjadi beberapa bagian. Tanggal 15 Desember 2023 dibuka sejak jam 10.00-20.00 WIB, tanggal 16-21 Desember 2023 dibuka pukul 04.00-20.00 WIB.

“Nanti mulai tanggal 22 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024 akses akan dibuka selama 24 jam, dalam rangka dukungan kelancaran arus lalu lintas serta memfasilitasi arus mudik dan arus balik selama Libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru),” jelas Dede sapaan akrabnya saat ditemui di lokasi Fly Over.

Lebih lanjut Dede menjelaskan sistem buka tutup ini dilakukan lantaran masih ada beberapa pekerjaan yang akan dilakukan pada malam hari. Mulai dari pemasangan pagar pengaman hingga penambahan ornamen jembatan.

Selain itu beberapa penyesuaian juga masih akan dilakukan berdasarkan data fluktuasi lalu lintas yang dikumpulkan selama uji coba berlangsung. Sehingga nantinya saat benar benar sudah diresmikan dan diserahkan kepada pemerintah daerah, FO Djuanda benar-benar berfungsi dengan maksimal.

Rencananya untuk mengisi ruang kosong yang ada di bawah jembatan, nantinya akan dibangun landscape sekaligus sebagai kawasan Ruang Terbuka Hijau. Tak hanya cantik, namun juga sebagai pemasok oksigen untuk daerah sekitar.

"Kami optimis ditanggal 23 April sesuai dengan masa kerja kami bisa selesai 100 persen," tegasnya.

Sementara itu Kepala Satuan Kerja (Kasatker) Pelaksanana Jalan Nasional (PJN) wilayah III Provinsi Jatim, Sifa Udukha mengatakan, pihaknya telah menyiapkan FO Djuanda dengan maksimal.

"Adanya Flyover Djuanda A dan B ini akan dapat mengurangi kemacetan yang ada di wilayah sekitar Aloha," katanya.

Menurutnya FO Djuanda juga akan mengurangi kemacetan yang terjadi pada jalan Gedangan yang selama ini identik dengan kemacetan parah , khususnya di jam berangkat maupun pulang kerja. (*)

Tags:

Juanda aloha sidoarjo PSN Macet Gedangan Macet Aloha Flyover Djuanda Flyover Aloha Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional