Gubernur Jatim Khofifah Duduk Bersimpuh di Pusara Kiai Jalal

Jurnalis: Atiq Alirahbini
Editor: Irwansyah

24 Maret 2023 22:57 24 Mar 2023 22:57

Thumbnail Gubernur Jatim Khofifah Duduk Bersimpuh di Pusara Kiai Jalal Watermark Ketik
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa (berkerudung hijau) duduk bersimpuh berdoa di pusara Kiai Jalal, Jumat (24/3/2023) malam. (Foto/Dok. Ponpes Nurul Qodim)

KETIK, PROBOLINGGO – Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menghadiri pemakaman KH Hasan Abdul Jalal. Bahkan, secara khusus orang nomor satu di Jawa Timur ini duduk bersimpuh berdoa di pusara tokoh kharismatik Probolinggo, yang akrab disapa Kiai Jalal tersebut, Jumat (24/3/2023) malam.

Khofifah tiba di rumah duka Ponpes Nurul Qodim Desa Kalikajar Kulon, Kecamatan Paiton sekitar pukul 23.00 WIB.

Dia langsung disambut menantu sekaligus anak keponakan Kiai Jalal, Gus Hafidz Hakim Noor.

"Saya turut berduka cita. Semoga amal ibadah beliau diterima Allah," ujar Khofifah usai menyapa Gus Hafidz.

Sementara itu, ribuan petakziah berduyun-duyun memenuhi masjid ponpes, mengikuti prosesi salat jenazah. 

Selain Gubernur, banyak tokoh penting dari berbagai kalangan masyarakat yang datang. Di antaranya Plh Bupati Probolinggo Ugas Irwanto dan Ketua MUI Jawa Timur KH M Hasan Mutawakkil Alallah.

Gus Hafidz kepada Ketik.co.id mengaku berterima kasih atas kedatangan para petakziah yang ikut mensalatkan dan mendoakan Kiai Jalal.

"Saya tidak tahu harus membalasnya dengan apa. Terimakasih atas semua doa masyarakat, baik yang hadir maupun yang mendoakan dari jauh," katanya.

Meninggalnya Kiai Jalal, bagi Gus Hafidz adalah bagian dari takdir yang mesti dijalani.

"Tapi bagi saya, hanya raga beliau yang pergi. Ilmu beliau, nasihatnya dan ruh perjuangannya akan terus hidup bersama kami," tandas Gus Hafidz.

Diberitakan Ketik.co.id sebelumnya, KH Hasan Abdul Jalal, Pengasuh Ponpes Nurul Qodim Desa Kalikajar Kulon Kecamatan Paiton, tutup usia pada usia 66 tahun, di Rumah Sakit Rizani, Paiton, pukul 13.00 WIB, Jumat (24/3/2023).

Kabar duka itu disampaikan menantu Kiai Jalal yaitu, Gus Hafidz Hakim Noor.

Sementara itu, rasa berbela sungkawa berdatangan dari berbagai kalangan, dari politisi, pejabat pemerintahan dan warga lainnya.

"Kami mewakili pemerintah daerah, mengucapkan  duka cita yang mendalam. Beliau adalah guru bagi masyarakat Kabupaten Probolinggo. Semoga keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan," ujar Plh Bupati Probolinggo, Ugas Irwanto.

Tombol Google News

Tags:

Gubernur Jatim Bersimpuh Kiai Jalal Khofifah Jatim Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa