Heni Fatkhul Janah, RU 1 Putri Hijabfluencer Jateng 2024 Bicara Pentingnya Literasi Digital

Jurnalis: Wandi Ruswannur
Editor: M. Rifat

13 Juni 2024 03:15 13 Jun 2024 03:15

Thumbnail Heni Fatkhul Janah, RU 1 Putri Hijabfluencer Jateng 2024 Bicara Pentingnya Literasi Digital Watermark Ketik
Potret Heni Fatkhul Janah, RU 1 Putri Hijabfluencer Jateng 2024 mengenakan crown dan selempang (Foto: dok. pribadi)

KETIK, KEBUMEN – Heni Fatkhul JHeni Fatkhul Janah (19), akrab dengan panggilan Heni, adalah gadis asal Kabupaten Kebumen peraih RU 1 Putri Hijabfluencer Jawa Tengah 2024. Kali dia bicara pentingnya literasi digital bersama Ketik.co.id.

Pemilik akun media sosial Instagram @heniifatkhull dan hobi olahraga lari ini menyebut literasi digital sangat penting untuk dilakukan, mengingat pengguna IT di Indonesia semakin meningkat setiap harinya.

"Oleh karena itu diperlukan kesadaran mengenai literasi digital bagi masyarakat," kata Heni kepada media online nasional Ketik.co.id, Kamis (13/06/2024).

Menurutnya, literasi digital sangat penting sekali saat ini. Penguasaan pengetahuan serta kecakapan dalam memahami lietarasi digital dengan bijak cermat, cerdas, kreatif, dan penuh tangung jawab pastinya.

"Dengan diterapkanya literasi digital yang baik, maka belajar menjadi lebih cepat, tepat dan akurat sehingga dapat menghemat waktu, menambah wawasan pengetahuan seseorang dengan kegiatan mencari dan memahami suatu informasi dengan baik," ujarnya.

Lantas, mahasiswi Kebidanan Poltekkes Kemenkes Semarang Kampus Kendal ini menambahkan, bahwa literasi digital membuat seseorang lebih berpikir kritis. Selaini itu, bisa memahami informasi yang masuk agar tidak mudah termakan dengan informasi palsu dan dapat membuat keputusan serta tindakan yang lebih bijak.

"Lalu menambah pengetahuan dan kebiasaan kosa kata dalam komunikasi, meningkatkan daya fokus serta konsentrasi seseorang dan meningkatkan kemampuan seseorang dalam literasi IT," jelasnya.

"Kemudian membuat masyarakat lebih mudah terinspirasi, menambah motivasi yang positif serta agen of chane untuk menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya," tambah Heni.

Foto Heni Fatkhul Janah, RU 1 Putri Hijabfleuncer Jateng 2024 (Foto: dok. pribadi)Heni Fatkhul Janah, RU 1 Putri Hijabfluencer Jateng 2024 (Foto: dok. pribadi)

Hal yang telah dilakukan Heni dalam menggaungkan literasi digital yaitu menggunakan serta memanfaatkan media sosial untuk sarana promosi, mulai dari share hal-hal yang berkaitan dengan IT dan action bersama masyarakat terkait personal branding di media digital.

"Tentunya diharapkan dengan adanya action secara langsung, maka orang-orang akan semakin percaya dan ada bukti nyata serta dukungan khusus untuk masyarakat," imbuh Heni yang bekerja sebagai Influencer, MC, dan freelancer admin Grin Media di PT Kita Lulus Internasional.

Dirinya berharap ke depan masyarakat semakin paham dan termotivasi perihal literasi digital dengan baik dan benar, serta paham situasi dan kondisi dalam pengguna media digital yang setiap harinya berubah-ubah.

"Artinya dengan semua ini literasi ini sangat perlu digaungkan agar masyarakat tidak pasif dan apatis  terhadap era digitalisasi yang tidak mungkin bisa dihentikan," timpalnya dengan jelas dan lugas.

Lantas ia mengajak kepada seluruh masyarakat untuk bersama-sama memahami pentingnya literasi digital dengan baik dan benar, karena sangat berpengaruh besar terhadap individu dan masyarakat.

"Dengan adanya literasi digital mampu membangun kesadaran dan pengetahuan masyarakat tentang pemanfaatan teknologi baru serta mengingkatkan keterampilan masyarakat Indonesia di dunia digital. Kalau bukan dimulai dari kita siapa lagi?" tandasnya.

Berikut deretan prestasi Hani selama tahun 2022 - 2024, yaitu:
1. RU 1 Putri Hijabfluencer Jawa Tengah 2024
2. ⁠RU 2 Peragaan Model Busana PKK Expo 2023
3. ⁠RU 2 Putra Putri Pariwisata Jawa Tengah 2023
4. ⁠Best Media Sosial Putra Putri Pariwisata Jawa Tengah 2023
5. ⁠Best Vidio Introduction Putra Putri Pariwisata Jawa Tengah 2023
6. ⁠Juara 3 Foto Top Models Tingkat Nasional 2023
7. ⁠Juara Favorit Tindakan Kebidanan Tingkat Nasional 2024
8. ⁠Harapan 3 Duta Genre Kabupaten Kebumen 2022
9. ⁠Juara 2 Pidato tingkat Nasional dalam rangka Hari Kesehatan 2022
10. ⁠Juara 3 Vidio Kreatif Nasional dalam rangka HUT RI 2023

Adapun pengalaman Heni, yaitu:
1. ⁠Influencer
2. ⁠MC di berbagai acara formal dan non formal 
3. ⁠Bekerja sebagai Admin Aufagrafi Kamera Kebumen
4. ⁠Modeling dan peragaan busana
5. ⁠Pengalaman Organisasi OSIS, Badan Eksekutif Mahasiswa, dan Lokal maupun Nasional 
6. ⁠Pemateri / Pembicara dalam sebuah acara. (*)

Tags:

Heni Fatkhul Janah RU 1 Putri Hijabfleuncer Jateng 2024 Kebumen Cantik mahasiswi Literasi digital