Ini Tujuan RSMZ Sampang Gelar Forum Komunikasi Publik di Bulan Ramadhan

21 Maret 2025 20:32 21 Mar 2025 20:32

Thumbnail Ini Tujuan RSMZ Sampang Gelar Forum Komunikasi Publik di Bulan Ramadhan Watermark Ketik
Situasi forum komunikasi publik yang digelar RSMZ Sampang, Jumat, 21 Maret 2025(Foto: Mat Jusi/Ketik.co.id).

KETIK, SAMPANG – Di bulan ramadhan yang penuh berkah ini, Rumah Sakit Umum Daerah dr Mohammad Zyn (RSMZ) Sampang, Jawa Timur, menggelar forum komunikasi publik. Jumat, 21 Maret 2025.

Forum komunikasi publik yang melibatkan insan pers, relawan kesehatan, tokoh masyarakat, perwakilan guru, perwakilan Dinkes KB Sampang dan Lembaga Swadaya Masyarakat tersebut, dalam rangka untuk meningkatkan standar pelayanan publik di RSMZ.

Tak hanya itu, acara yang berlangsung di aula RSMZ setempat dikemas dengan wadah diskusi antara pihak rumah sakit dan berbagai elemen masyarakat, guna meningkatkan kepuasan serta kualitas layanan kesehatan yang diberikan kepada pasien.

Plt Direktur RSMZ Sampang, dr Bhakti Setiyo Tunggal, mengungkapkan pentingnya kolaborasi antara pihak rumah sakit dengan masyarakat dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan.

"Bagus tidaknya rumah sakit bukan hanya dari rumah sakit, tapi juga ada peran serta dan kesadaran dari masyarakat," ujarnya.

"Di Kabupaten Sampang hanya ada 2 rumah sakit besar, yaitu RSUD dr Mohammad Zyn Sampang dan Rumah Sakit Ketapang di Kecamatan Ketapang. Semuanya punya standar pelayanan," ucapnya.

Lebih lanjut, dr. Bhakti Setiyo Tunggal menuturkan, pesien di Kabupaten Sampang ada sekitar 46 pereen yang melakukan pembayaran melalui BPJS. 

"Semua pasien kita layani dengan baik tapi harus ada rujukan dari Puskesmas, karena aturan dari BPJS seperti itu dan harus terdaftar di BPJS minimal dalam kurun waktu 3x24 jam," jelasnya.

"Peratuan BPJS adalah peraturan Nasional bukan hanya di Kabupaten Sampang. Maka, diluar diagnosa dari 144 diagnosa, apabila masih bisa dilayani di Puskesmas dilayani. Kalau tidak bisa, baru ke rumah sakit," imbuhnya.

Melalui forum tersebut, pihaknya berharap dapat mendengar langsung masukan dari masyarakat yang dilayani.

Sebab pelayanan publik yang berkualitas tidak hanya bergantung pada fasilitas dan tenaga medis yang kompeten. Akan tetapi juga pada komunikasi yang baik antara rumah sakit dan pasien.

"Kami berkomitmen untuk terus berinovasi dalam memberikan pelayanan yang terbaik, dan forum ini adalah salah satu langkah kami untuk terus memenuhi harapan masyarakat," ungkap dr Bhakti.

Kata dr. Bhakti, RSMZ Sampang akan terus melakukan evaluasi dan perbaikan dengan melibatkan masyarakat sebagai bagian integral dalam proses peningkatan pelayanan.

"Kami ingin masyarakat merasa dihargai dan terlibat dalam proses peningkatan kualitas pelayanan rumah sakit. Karena itu forum komunikasi publik ini menjadi salah satu cara bagi kami untuk lebih mendekatkan diri dengan masyarakat, mendengarkan keluhan dan kebutuhan masyarakat serta berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang lebih baikdi masa depan," tukasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Forum Komunikasi Publik FKP RSMZ Sampang RSUD dr Mohammad Zyn Sampang Bulan Ramadhan pelayanan Meningkatkan Kualitas Pelayanan Rumah Sakit Ketapang