Inilah 6 Hidangan Khas Tahun Baru dari Berbagai Negara

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

31 Desember 2023 03:12 31 Des 2023 03:12

Thumbnail Inilah 6 Hidangan Khas Tahun Baru dari Berbagai Negara Watermark Ketik
Makanan khas Skotlandia, Haggis (Foto: Britanica.com)

KETIK, JAKARTA – Tidak hanya di Indonesia, perayaan tahun baru juga merupakan momen yang berkesan di berbagai negara di seluruh dunia. Layaknya perayaan lain, tahun baru juga diselenggarakan dengan penuh kegembiraan dan kebersamaan.

Salah satu aspek yang tidak boleh ketinggalan di momen tahun baru tentu saja hidangan. Hidangan lezat akan menambah semarak perayaan malam pergantian tahun. Tentu saja di tiap negara memiliki hidangan khasnya masing -masing sesuai dengan tradisi mereka. 

Berikut ini kami ulas beragam hidangan tahun baru khas dari beragam negara di dunia. Simak selengkapnya.

1. Amerika Serikat- Hoppin' John

Pertama kita awali hidangan dari negeri Paman Sam, Amerika Serikat. Masyarakat di sana, khususnya wilayah selatan memiliki tradisi menyantap Hoppin John saat merayakan tahun baru.

Hidangan ini terdiri dari nasi, sayur, kacang hijau dan kacang polong, roti jagung atau combread, serta daging seperti bacon atau ham. Dengan isian yang beragam, Hoppin John melambangkan keberuntungan dan kemakmuran. 

2. Amerika Latin- Tamale

Bagi penduduk Amerika Latin, tak lengkap rasanya jika merayakan tahun baru tanpa hidangan yang satu ini, yakni Tamale. Tamale sendiri merupakan hidangan yang terbuat dari adonan tepung jagung yang diisi daging, lalu dibungkus dengan kulit jagung, dikukus, dan disajikan. 

Hadirnya Tamale di meja makan bukan tanpa alasan. Makanan ini melambangkan keluarga lantaran proses pembuatannya yang melibatkan anggota keluarga dari berbagai generasi. 

Foto Tamale makanan khas Amerika Latin. (Foto: Pexels)Tamale makanan khas Amerika Latin. (Foto: Pexels)

3. China -Jiaoci

Kita beralih ke benua Asia, masyarakat China memiliki tradisi merayakan tahun baru dengan menyantap Jiaozi atau dumpling yang biasanya berisi daging cincang, sayuran, atau seafood. 

Makanan ini melambangkan kekayaan dan keberuntungan ditahun baru bagi mereka yang menyantapnya. Hal ini karena bentuk Jiaoci yang menyerupai kantung emas. Adapun tradisi unik lainnya terkait jiaozi, beberapa keluarga di sana mengadopsi tradisi menyembunyikan uang logam ke dalam beberapa dumpling.

4. Jepang-Osechi ryori

Menyambut tahun baru penduduk Negara Jepang memiliki tradisi menyajikan kotak makan yang disebut osechi ryori. Osechi ryori berisi beragam hidangan tradisional seperti kuromame (kacang hitam yang dimasak dengan gula dan kecap), kamaboko (daging ikan yang dipotong tipis), dan datemaki (telur dadar yang digulung).

Hidangan ini disajikan dalam kotak bento berpernis tiga atau empat lapis yang indah, yang disebut jubako. 

Foto osechi ryori khas Jepang. (Foto: fun-japan.jposechi ryori khas Jepang. (Foto: fun-japan.jp

5. Italia - Sup Lentil

Berlanjut ke Benua Eropa, alih-alih pasta, pada saat merayakan tahun baru penduduk Italia akan menghidangkan sup kacang lentil sebagai makanan tahun baru. Hidangan ini melambangkan keberuntungan di tahun yang akan datang.

6. Skotlandia - Haggis

Pada saat merayakan tahun baru, masyarakat Skotlandia biasa mengkonsumsi haggis. Makanan ini merupakan perpaduan dari jeroan domba yang diolah dengan bumbu khas, diisi dalam perut domba, dan direbus dalam wadah sosis. 

Makanan ini mencerminkan harapan akan keberuntungan, kesehatan, dan kebahagiaan di tahun yang baru.(*)

Tombol Google News

Tags:

Kuliner Hidangan Tahun baru Tradisi Haggis osechi ryori tamale