Jadi Syarat Masuk SMP Negeri, Siswa SDN Tunjungsekar 1 Mulai Laksanakan UKD

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Gumilang

6 Mei 2024 10:00 6 Mei 2024 10:00

Thumbnail Jadi Syarat Masuk SMP Negeri, Siswa SDN Tunjungsekar 1 Mulai Laksanakan UKD Watermark Ketik
Siswa kelas 6 SDN Tunjungsekar 1 melaksanakan UKD. (Foto: SDN Tunjungsekar 1)

KETIK, MALANG – Sebanyak 84 siswa kelas 6 di SD Negeri Tunjungsekar 1 mulai melaksanakan Uji Kompetensi Daerah (UKD) (6-7/5/2024). Pelaksanaan UKD dilaksanakan sebagai persyaratan untuk turut serta dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jalur prestasi akademik ke jenjang SMP Negeri di Kota Malang. 

Terdapat beberapa perbedaan dalam pelaksanaan UKD tahun ini. Salah satu ya materi Literasi dan Numerasi yang menjadi syarat kelulusan. Materi tersebut menjadi kemampuan dasar yang sering diterapkan oleh para siswa tiap harinya. 

Pada pelaksanaan UKD tahun sebelumnya, terdapat sembilan mata pelajaran yang menjadi syarat kelulusan. 

Kepala SDN Tunjungsekar 1 Malang, Budi Hartono menjelaskan Literasi mengarah pada kemampuan menulis, membaca dan memahami teks tulis. Sedangkan pada Numerasi untuk mengetahui kemampuan dalam menghitung dan memanipulasi angka. 

"Siswa diberi materi literasi dan nunerasi dalam bentuk soal cerita. Materi tersebut sebagai latihan anak-anak agar memiliki pemahaman dan wawasan yang luas dalam menyimpulkan soal cerita dan bagaimana menghitung dengan benar," ujar Budi pada Senin (6/5/2024).

Pada pelaksanaan UKD, digunakan ruang multimedia dan aula. SDN Tunjungsekar 1 juga menyediakan 38 komputer dan 4 buah laptop untuk digunakan oleh siswa. 

"Ada tiga alur yaitu sesi uji coba dan dua sesi ujian. Sesi ujian pertama dilaksanakan pukul 09.15 sampai 10.45 WIB. Sesi ujian kedua dilakukan pada pukul 11.15 sampai 12.45 WIB," lanjutnya. 

Hingga saat ini tidak ditemukan kendala serius pada pelaksanaan UKD di SDN Tunjungsekar 1. Terlebih pihak sekolah telah memastikan sebelum pelaksanaan, fasilitas dan sarana prasarana telah siap digunakan. 

"Sejauh ini tidak ada kendala serius karena kita sudah mempersiapkan UKD ini jauh sebelum hari pelaksanaan. Sebelum UKD juga kami memberikan latihan kepada siswa agar mereka dapat mengerjakan ujian dengan baik dan benar,” paparnya. 

Salah seorang siswa, Dannisya Rizky Mahendra menjelaskan merasa bosan dengan pelaksanaan UKD. Hal tersebut disebabkan ia harus menunggu server agar dapat terhubung. 

“Kami disuruh istirahat untuk menunggu masuk ke server. Alhamdulilah saya bisa mengerjakan 40 soal dengan baik. Pesan saya saat mengerjakan UKD bacalah soal dengan teliti dan tetap semangat,” katanya. (*)

Tombol Google News

Tags:

UKD Siswa Uji Kompetensi Daerah siswa Kota Malang Sekolah Dasar SDN Tunjungsekar 1 Kota Malang UKD Kota Malang