Lakukan Hal Ini untuk Menjaga Kesehatan Kulit Selama Berpuasa

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Rudi

23 Maret 2023 13:49 23 Mar 2023 13:49

Thumbnail Lakukan Hal Ini untuk Menjaga Kesehatan Kulit Selama Berpuasa Watermark Ketik
Ilustrasi perawatan kulit. (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Memiliki kulit yang cantik dan sehat tentu adalah idaman setiap orang. Dalam merawat kulit tentu kita membutuhkan asupan berbagai nutrisi, lalu bagaimana cara memenuhi nutrisi kulit di saat sedang menjalankan ibadah puasa.

Seperti yang kita tahu saat berpuasa selama kurang lebih 14 jam kita tidak mengkonsumsi apa pun termasuk cairan. Kondisi ini rentan membuat tubuh menjadi dehidrasi yang tentunya akan berakibat buruk bagi kulit.

Saat kurang minum, kulit bisa menjadi lebih kering dan kusam. Kulit kering saat puasa ini biasanya terlihat di area tangan, kaki, hingga bibir. 

Dr. Hans Kristian, CSN, PN1 selaku Doctor, Nutritionist Wellbeing Consultant at Facena Beauty Clinic menjelaskan untuk mendapatkan kulit yang sehat tentu kita membutuhkan asupan nutrisi dari luar dan dalam. Jika dari luar tentu saja kita dapat menggunakan skincare yang banyak terdapat di pasaran. Namun bagaimana untuk nutrisi dari dalam terutama saat kita sedang berpuasa.

" Mengenai kesehatan kulit selama bulan puasa tentu kita harus cerdas untuk memilih asupan yang baik bagi tubuh kita, terutama asupan dari dalam. Khususnya selama menjalani ibadah puasa kita harus mengatur konsumsi air yang cukup. Bukan hanya sekadar air putih tetapi air yang memiliki kandungan mineral baik seperti kalium, iodium dan natrium. Hal ini sangat penting untuk menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh," jelasnya.

Selain itu dr Hans juga menambahkan, untuk menjaga kondisi kulit kita juga memerlukan konsumsi makanan yang baik. Terutama makanan segar yang memiliki kandungan protein dan lemak yang baik.

"Selama berpuasa saya menganjurkan mengkonsumsi makanan yang mengandung protein baik dan lemak yang baik. Ini yang perlu jadi perhatian jika biasanya kita sering mendengar lemak jahat dan baik. Protein juga demikian. Makanan yang mengandung protein baik antara lain adalah telur, daging tanpa lemak, susu segar, biji bijian dan kacang kacangan," tambahnya.

Namun jangan lupa setelah asupan dari dalam terpenuhi. Kulit juga tetap membutuhkan perawatan atau asupan dari luar. Seperti penggunaan pembersih wajah, pelembab dan tentunya tabir surya karena Indonesia merupakan negara tropis.

"Selanjutnya jangan lupa memberikan nutrisi kulit dari luar. Hal ini juga tidak kalah penting apalagi bagi kita yang tinggal di perkotaan dengan tingkat polusi yang tinggi. Penggunaan pembersih, pelembab merupakan hal basic yang harus dilakukan. Dan jangan lupa dengan tabir surya untuk melindungi kulit dari efek buruk sinar ultraviolet," pungkasnya

Selama berpuasa diharapkan  memperhatikan asupan untuk berbuka dan sahur. Karena tentu saja asupan yang masuk dalam tubuh kita akan memiliki pengaruh besar terhadap kesehatan tubuh dan kulit kita.(*)

Tombol Google News

Tags:

bulan Ramadan puasa Kesehatan kulit Asupan nutrisi Facena Beauty Clinic