Mahasiswa MBKM Unesa Hasilkan 1.302 Karya Berhasil Catatkan Rekor MURI

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Muhammad Faizin

3 Februari 2024 12:00 3 Feb 2024 12:00

Thumbnail Mahasiswa MBKM Unesa Hasilkan 1.302 Karya Berhasil Catatkan Rekor MURI Watermark Ketik
Prosesi penyerahan piagam rekor MURI kepada Unesa. (Foto: Humas Unesa)

KETIK, SURABAYA – Sebanyak 1.302 karya dari mahasiswa Universitas Negeri Surabaya (Unesa) yang mengikuti program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) 2023 dipamerkan dalam festival MBKM Unesa yang diselenggarakan di Laboratorium Merdeka Belajar, Kampus II Lidah Wetan, pada Sabtu, (3/2/2024).

Jumlah produk MBKM tersebut merupakan yang terbanyak di Indonesia, sehingga berhasil meraih rekor MURI (Museum Rekor Dunia Indonesia). capaian ini mendapat apresiasi langsung dari Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Kemendikbudristek, Prof. Dr. Ir Sri Suning Kusumawardani, S.T., M.T., yang turut hadir dalam kegiatan tersebut.

Prof. Dr. Ir Sri Suning Kusumawardani, S.T., M.T. mengatakan bahwa apa yang dilakukan dan dihasilkan Unesa bisa menjadi motivasi bagi dosen, mahasiswa dan perguruan tinggi untuk terus melakukan penguatan dalam pengelolaan dan implementasi MBKM baik yang flagship (program kementerian) maupun MBKM mandiri. 

“Unesa juga telah mengembangkan Laboratorium Merdeka Belajar, tentu harapan ke depannya ini dapat menjadi model bagi perguruan tinggi lain dalam mengembangkan MBKM Mandiri yang berkualitas dan berdampak,” katanya di Surabaya, Sabtu (3/2/2024).

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni, Prof. Dr. Madlazim, M.Si. menuturkan bahwa kampus bermoto ‘Growing with Character’ berkomitmen untuk terus memaksimalkan implementasi MBKM pusat dan berinovasi lewat MBKM mandiri yang dikelola Unesa.

Foto Ribuan mahasiswa program MBKM Unesa Berfoto bersama saat festival MBKM Unesa. (Foto: Humas Unesa)Ribuan mahasiswa program MBKM Unesa Berfoto bersama saat festival MBKM Unesa. (Foto: Humas Unesa)

MBKM mandiri tidak hanya memberikan kesempatan mahasiswa belajar di luar kampus, tetapi juga membiasakan mahasiswa untuk mampu mandiri, memberikan kontribusi dan menghasilkan karya. 

"Berbagai produk yang dihasilkan mahasiswa ini merupakan wujud dari kesungguhan, kreativitas, inovasi, dan kompetensi yang mereka dapatkan," tuturnya.

Lebih lanjut Direktur Akademik, Prof. Dr. Fida Rachmadiarti, M.Kes., menegaskan selain tercatat di MURI, program MBKM kampus bertagline 'Satu Langkah di Depan' ini juga memiliki sejumlah capaian lain seperti penghargaan untuk MBKM mandiri dan IKU-2 MBKM dari Kemendikbudristek pada 2023. 

Program MBKM Unesa periode ini diikuti ribuan mahasiswa. Program asistensi mengajar diikuti 1.500 mahasiswa, pertukaran mahasiswa merdeka outbond diikuti 400 mahasiswa, proyek di desa sebanyak 150 mahasiswa. 

"Selanjutnya, program magang diikuti 1.200 mahasiswa, riset 100 mahasiswa, studi independen sebanyak 550 mahasiswa, wirausaha merdeka 50 mahasiswa, dan pertukaran mahasiswa merdeka Inbound sebanyak 61 mahasiswa," pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Pendidikan Unesa MBKM Muri Karya kampus merdeka