Malang Creative Center Grand Launching pada 22 September 2023!

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Mustopa

20 September 2023 10:02 20 Sep 2023 10:02

Thumbnail Malang Creative Center Grand Launching pada 22 September 2023! Watermark Ketik
Gedung Malang Creative Center yang akan segera grand launching. (Foto: Lutfia/Ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Malang Creative Center (MCC) dikenal sebagai inkubasi bagi para pelaku UMKM maupun industri kreatif di Kota Malang. Meskipun telah lama beroperasi, MCC baru akan melakukan grand launching pada Jumat (22/9/2023) nanti.

Selama ini, MCC berhasil menaungi pelaku kreatif di Kota Malang dengan beragam fasilitas yang disediakan di gedung yang berdiri megah di Jalan Ahmad Yani nomor 53, Blimbing Kota Malang.

Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang, Eko Sri Yuliadi menjelaskan peresmian tersebut akan mengundang beberapa pihak, salah satunya Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

Diskopindag juga telah mengirimkan undangan kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) serta Menteri Perdagangan (Mendag)

"Iya benar MCC akan grand launching nanti pada 22 September 2023. Mungkin Bu Gubernur akan hadir di MCC, Menparekraf, Mendag, juga kita undang," ujar Eko, Rabu (20/9/2023).

Terdapat 17 subsektor ekonomi kreatif yang diwadahi MCC. Di antaranya arsitektur, seni rupa, fashion, makanan, musik, UMKM, game, dan lainnya. Hingga kini sudah banyak kegiatan kreatif dan berbagai pelatihan yang digelar di gedung setinggi 8 lantai itu.

Beberapa pelatihan seperti menjahit, membuat kue, fotografi, dan aktivitas lainnya pun sering terselenggara. MCC juga menjadi langganan bagi perupa dan UMKM untuk memamerkan hasil karya maupun produk-produknya.

Bahkan Eko mengklaim bahwa hingga bulan ini, MCC mampu menarik 120.000 pengunjung dari berbagai daerah.

"Event atau kegiatan di MCC dari awal beroperasi sudah banyak sekali. Sampai bulan ini juga sudah ada 120.000 pengunjung yang terdeteksi datang ke MCC," lanjut Eko.

Setelah dilakukannya grand launching, Eko berharap fungsi MCC sebagai pusat inkubasi bagi pelaku kreatif semakin maksimal. Gedung ikonik tersebut juga diharapkan mampu memberikan kontribusi terhadap meningkatnya perekonomian di Kota Malang.

"Setelah grand launching tentu masih ada yang perlu dibenahi. Intinya bagaimana menarik supaya orang banyak yang berkunjung ke sana. Juga banyak masyarakat yang memanfaatkan MCC sebagai pusat kegiatan ekonomi kreatif," pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Malang Creative Center MCC Grand Launching MCC Kota Malang industri kreatif inkubasi ekonomi kreatif