MCC Kado Manis Terakhir Wali Kota Sutiaji untuk Malang

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: M. Rifat

22 September 2023 14:46 22 Sep 2023 14:46

Thumbnail MCC Kado Manis Terakhir Wali Kota Sutiaji untuk Malang Watermark Ketik
Peresmian MCC oleh Gubernur Khofifah didampingi Wali Kota Malang Sutiaji, (22/9/2023) (Foto: Lutfia/Ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Jelang akhir jabatan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Malang, Sutiaji dan Sofyan Edi Jarwoko terus memberikan karya terbaik untuk ekonomi kreatif di Kota Malang. Sebuah kado manis yang diberikan Sutiaji-Edi untuk Kota Malang ialah Malang Creative Center (MCC).

MCC menjadi inkubasi bagi 17 subsektor ekonomi kreatif di Kota Malang dan Indonesia.

"Kami persembahkan MCC untuk warga Kota Malang tercinta. Ini adalah rumah kita semua, para insan kreatif yang akan menghidupkan ekonomi kreatif dan mendorong ekosistem semakin kuat. Persembahan di akhir masa jabatan kami harapannya dapat memberikan dampak tidak hanya untuk Kota Malang, Jawa Timur atau Indonesia, tapi hingga ke dunia," tuturnya pada acara Grand Launching MCC, Jumat (22/9/2023).

Pemerintah Kota Malang berkomitmen menjadikan ekonomi kreatif sebagai kompas pembangunan kota dengan kreatifitas. Dukungan sumber daya manusia yang besar, didominasi generasi milenial yang tersebar di 62 perguruan tinggi di Kota Malang.

"Semoga upaya dan aksi-aksi yang mendorong tumbuhnya aktivitas ekonomi kreatif senantiasa dikuatkan, dan tidak hanya berhenti di sini saja. Namun terus mampu dikembangkan dalam giat yang berdampak langsung bagi pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Kota Malang," katanya.

Sutiaji berharap kehadiran MCC dapat dimanfaatkan lebih luas, demi pembangunan ekonomi kreatif di Kota Malang.

Bersamaan dengan grand launching MCC, juga dilakukan penandatanganan kerja sama antara Pemerintah Kota Malang dengan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur. Kerja sama tersebut sebagai bentuk penguatan siswa SMA/SMK/Sederajat untuk dapat belajar ekonomi kreatif secara langsung di MCC.

Sutiaji berharap terdapat penguatan multi talenta dari para siswa dan terjadi transfer keahlian yang diperoleh para siswa usai berkunjung ke MCC.

"Kami harapkan ini menjadi inkubasi dan penguatan dari teman-teman di SMA/SMK. Supaya nanti pertama, tingkat literasinya semakin kuat, kemudian adalah transfer skill yang diperoleh secara tidak langsung karena banyaknya interaksi SMA/SMK lainnya di sini," ujar Sutiaji.

Gubernur Khofifah Indar Parawansa turut meresmikan MCC. Ia mengapresiasi kinerja Sutiaji-Edi beserta jajaran Pemkot Malang atas kehadiran MCC.  

"Mudah-mudahan Pak Sutiaji dapat terus mengawal, ini (MCC) sesuatu yang besar sekali resonansinya," tutur Gubernur Khofifah.

Menurut Khofifah, MCC melengkapi ekosistem ekonomi kreatif yang menjadi kunci membangun ekonomi inklusif untuk mengurangi pengangguran terbuka.

"Ini menjadi pintu masuk hunter creator. Jika hari ini ada Job Fair yang dibuka online, tapi ada juga Job Creator. Inilah rumahnya, inilah episentrumnya, di MCC Kota Malang. Apa yang disampaikan Pak Walikota, bagaimana sesungguhnya terus membuka ruang-ruang lapangan kerja," lanjutnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Malang Creative Center MCC Grand Launching MCC peresmian MCC Kota Malang