Mengenal Cahaya Ladara Nusantara, Dipimpin Tokoh-Tokoh Perempuan Indonesia hingga Bawa Kebaya Go Internasional

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Mustopa

26 Juli 2024 07:32 26 Jul 2024 07:32

Thumbnail Mengenal Cahaya Ladara Nusantara, Dipimpin Tokoh-Tokoh Perempuan Indonesia hingga Bawa Kebaya Go Internasional Watermark Ketik
Kegiatan Kowani Expo pada peringatan Hari Kebaya Nasional yang diselenggarakan oleh CLN. (Foto: Instagram @cahayaladaranusantara)

KETIK, JAKARTA – Cahaya Ladara Nusantara (CLN) merupakan sebuah perkumpulan yang didedikasikan untuk memajukan UMKM dari Sabang sampai Merauke untuk kemakmuran dan kesejahteraan yang menyeluruh bagi rakyat Indonesia.

CLN merupakan organisasi tokoh perempuan terkemuka, terkenal baik dari kalangan pengusaha, pecinta UMKM dan kebaya, serta para istri pejabat. CLN concern menjaga tradisi kebaya dan batik melalui UMKM.

Didirikan dengan visi menjadi kekuatan pendorong dalam memajukan UMKM di seluruh Indonesia, melalui pemberdayaan dan pendampingan serta membangun ekosistem yang berkelanjutan.

Ketua Umum Cahaya Ladara Nusantara (CLN) Nannie Hadi Tjahjanto menjelaskan organisasi ini hadir sebagai wadah yang tidak hanya menghimpun, tetapi juga membina UMKM agar siap dan mampu bersaing bahkan melakukan ekspor.

"Melalui program-program pelatihan, pendampingan, dan jaringan kerja sama yang luas, CLN berkomitmen untuk membantu UMKM meningkatkan kualitas produk, memahami regulasi ekspor, dan mengakses pasar global," terangnya.

Nannie menyadari bahwa perjalanan di pasar internasional tidaklah mudah. Namun, dengan semangat gotong royong, inovasi, dan ketekunan, ia yakin UMKM Indonesia dapat meraih peluang yang lebih besar di kancah global.

Ia mengibaratkan seperti filosofi sapu lidi, sapu lidi bukan hanya alat pembersih yang efisien, tetapi juga mengandung filosofi mendalam tentang pentingnya persatuan dan kerja sama.

"Seperti sapu lidi yang terdiri dari banyak lidi yang diikat bersama, manusia juga harus bekerja bersama-sama untuk mencapai tujuan besar," paparnya.

Oleh karena itu, istri dari Hadi Tjahjanto ini mengajak semua pihak untuk mendukung dan berpartisipasi aktif dalam berbagai program dan kegiatan yang akan dijalankan oleh CLN.

"Mari kita bersama-sama membangun ekosistem yang kondusif bagi perkembangan UMKM, sehingga UMKM Indonesia dapat terus tumbuh, berkembang, dan bersaing di pasar internasional," terangnya.

Selain itu CLN juga menciptakan lingkungan di mana setiap UMKM memiliki kesempatan untuk berkembang dan berkontribusi secara maksimal dalam perekonomian negara.

CLN berkomitmen untuk membantu UMKM mencapai potensi penuh, CLN menjalin kerja sama dengan berbagai lembaga baik pemerintah maupun swasta.

Hal ini untuk mengembangkan potensi daerah sehingga dapat menciptakan One Village One Produk. Tak hanya itu, CLN juga berambisi untuk menciptakan home industri pembuatan produk UMKM yang bermutu serta bersinergi dengan lembaga sertifikasi.

Adanya sertikasi ini membuat standar UMKM memiliki mutu terjamin dan mampu bersaing di dunia grobal, sekaligus memperkenalkan inovasi dan keunggulan lokal di pasar internasional.

CLN memberikan berbagai pelatihan untuk memajukan UMKM go global yaitu sertifikasi UMKM go digital, sertifikasi go global dan pemberian materi manajemen, teknik ekspor, international trasportation, fasilitas bea masuk terkait perjanjian.

Jika UMKM anda ingin terus go global sehingga memiliki pasar internasional, silahkan bergabung ke CLN dengan menghubungi nomor 082249765115 atau melalui website www.cahayaladaranusantara.com. (*)

Tombol Google News

Tags:

CLN Cahaya Ladara Nusantara UMKM Indonesia go global Nannie Hadi Tjahjanto