Mengenal Pramuka Siaga, Melatih Kesiapsiagaan Sejak Dini

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

14 Agustus 2023 06:50 14 Agt 2023 06:50

Thumbnail Mengenal Pramuka Siaga, Melatih Kesiapsiagaan Sejak Dini Watermark Ketik
Pramuka Siaga asal SD Hang Tuah 4 Surabaya Yualyta Arsyfa dan Muhammad Faesal, Sabtu (14/8/2023).(Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Praja Muda Karana atau biasa disingkat Pramuka adalah kegiatan kepanduan yang bertujuan melatih generasi muda melalui ketrampilan untuk menggali potensi diri baik itu intelektual, spiritual, sosial, dan fisik. Karena memiliki banyak manfaat, kegiatan kepramukaan banyak disukai anak-anak hingga remaja.

Salah satunya adalah Muhammad Faesal dan Yualyta Arsyfa, Keduanya merupakan Pramuka tingkat siaga asal SD Hang Tuah 6 Surabaya. Ditemui saat Apel Besar Peringatan Hari Pramuka Ke-62, Faesal mengatakan, hal yang membuatnya menyukai kegiatan Pramuka adalah karena bisa bersosialisasi dengan banyak orang dan mendapatkan teman baru.

"Pramuka itu menyenangkan karena bisa ketemu banyak teman dan gamenya seru-seru," jelas Muhammad Faesal.

Hal yang sama diungkap oleh Yualyta, menurut Bocah kelas 3 SD ini, Pramuka merupakan kegiatan yang menyenangkan karena bermain sambil belajar hal-hal baru yang tidak didapatkan dalam pelajaran sekolah. Selain itu Pramuka juga dapat menambah rasa percaya diri karena bertemu dengan banyak orang.

"Pramuka itu seru karena kita belajar sambil bermain. Dan juga bisa ikut lomba-lomba di luar juga,"terangnya.

Sementara itu ditemui ditempat yang sama salah satu pembina Pramuka, Nabila menerangkan jika untuk Pramuka tingkat siaga atau tingkat dasar ini, hal yang diajarkan berkaitan dengan Syarat Kecakapan Umum (SKU). 

Selain itu karena usianya masih anak-anak, Pramuka siaga dalam kegiatannya berisi banyak permainan, terutama yang mengandung pendidikan, ketrampilan dan kerja sama. 

"Jadi game-game kita itu banyak yang mengandung pendidikan seperti mengenal rasa, materi mengenal benda dengan meraba, dan belajar bersosialisasi dengan lingkungannya," pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Pramuka Siaga Hari Pramuka Kepanduan Sekolah Dasar SD Hang Tuah 6 Surabaya Jawa timur