Pemkot Pagaralam Galakkan Program Sambung Pucuk Kopi, Ikhtiar Pacu Produktivitas Pertanian

Jurnalis: Almi Raisyah
Editor: Muhammad Faizin

27 April 2024 08:45 27 Apr 2024 08:45

Thumbnail Pemkot Pagaralam Galakkan Program Sambung Pucuk Kopi, Ikhtiar Pacu Produktivitas Pertanian Watermark Ketik
Pemkot Pagaralam telah memulai pendistribusian bantuan 320.000 batang stek kopi, ditujukan kepada 40 KWT tersebar di 5 Kecamatan se-Kota Pagaralam. (foto : Al/ketik.co.id)

KETIK, PAGAR ALAM – Pemerintah Kota (Pemkot) Pagaralam melalui Dinas Pertanian telah memulai distribusi bantuan 320.000 batang sambung pucuk (stek) kopi kepada 40 Kelompok Wanita Tani (KWT) yang tersebar di 5 Kecamatan.

Langkah ini diawali dengan sambung pucuk kopi perdana yang dilakukan secara simbolis Pj Wali Kota Pagaralam, H Lusapta Yudha Kurnia didampingi Pj Sekda, Rano Fahlesi dan Perwakilan Unsur Forkopimda. Acara berlangsung di Dusun Karang Dale, Kecamatan Dempo Tengah, Sabtu (27/4)

Pj Wali Kota, Lusapta dalam kesempatan tersebut menyampaikan komitmennya terhadap pengembangan sektor pertanian dan perkebunan di Kota Pagaralam. Dikatakan, bahwa Pemerintah Kota Pagaralam telah secara bertahap melaksanakan berbagai program di bidang pertanian, termasuk pemanfaatan lahan milik warga untuk meningkatkan produktivitas hasil pertanian, khususnya tanaman kopi melalui program sambung pucuk.

“Program sambung pucuk kopi telah terbukti berhasil meningkatkan produktivitas hasil perkebunan kopi dari tahun 2019 hingga 2023. Sebagai tindaklanjut, Pemerintah Kota Pagaralam pada tahun 2024 akan menggelontorkan bantuan stek kopi sebanyak 320.000 batang kepada 40 kelompok tani. Hal ini diharapkan dapat memberikan dorongan baru bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat Kota Pagaralam,” ungkap Lusapta. 

Melalui kegiatan sambung pucuk kopi ini, Lusapta berharap bisa memberikan manfaat yang besar dan dapat menjadi salah satu faktor yang memicu peningkatan perekonomian masyarakat setempat. Dengan adanya dukungan dari berbagai pihak, diharapkan sektor pertanian dan perkebunan di Kota Pagaralam akan semakin berkembang dan memberi dampak positif bagi kehidupan masyarakat. (*) 

Tombol Google News

Tags:

Kopi pagar alam walikota bantuan petani hasil