KETIK, BATU – Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai menyampaikan bahwa separuh masyarakat puas terhadap layanan publik Pemkot. Hal itu merupakan hasil survey kepuasan masyarakat yang dilakukan salah satu perguruan tinggi di Kota Malang
Survey itu menyatakan bahwa 52 persen masyarakat mengaku cukup puas dengan kinerja pelayanan publik di Pemerintah Kota Batu. Sementara ada 7 persen lainnya yang mengaku sangat puas dan 12 persen tidak puas.
Aries menegaskan bahwa hasil penilaian kepuasan masyarakat dari instansi atau lembaga lain, harus menjadi perhatian. Masukan dalam hasil survey tersebut, menjadi catatan evaluasi sekaligus pemacu semangat untuk melakukan perbaikan-perbaikan kinerja pelayanan publik ke depan.
“Hasil survey ini harus kita terima dan menjadi masukan untuk perbaikan pelayanan kepada masyarakat di masa depan. Masukan ini juga menjadi evaluasi agar kita melakukan langkah-langkah untuk memperbaikinya, sehingga pelayanan kepada masyarakat lebih baik,” jelasnya, Senin 11 November 2024
Aries juga menyampaikan pelayanan yang banyak mendapatkan respon tidak memuaskan di Kota Batu yaitu pelayanan parkir. Ia mengaku bahwa perbaikan dan pelebaran jalan sudah dilakukan Pemerintah namun justru dipergunakan untuk parkir.
“Mari kita jadikan hasil survey ini sebagai perhatian kita bersama, sehingga ke depan pelayanan parkir lebih baik lagi,” ulasnya.
Pelayanan yang mendapatkan apresiasi sangat memuaskan dari masyarakat yaitu pelayanan kebencanaan. Masyarakat responden mengaku jika ada bencana, maka dalam kurun waktu 3 jam, pelayanan kebencanaan sudah mampu mengatasinya.
"Oleh karena itu, apresiasi memuaskan pelayanan kebencanaan menjadi rating tertinggi pada survey kepuasan masyarakat," tegasnya. (*)