Presiden Jokowi Resmikan Kick-off Keketuaan ASEAN di Indonesia 

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Irwansyah

29 Januari 2023 04:45 29 Jan 2023 04:45

Thumbnail Presiden Jokowi Resmikan Kick-off Keketuaan ASEAN di Indonesia  Watermark Ketik
Kick Off Keketuaan ASEAN Indonesia 2023 oleh Presiden Joko Widodo. (Foto: Tangkapan layar Sekretariat Presiden) 

KETIK, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi membuka keketuaan Indonesia di Asosiasi Negara-negara Asia Tenggara (ASEAN) 2023. 

"Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, pagi ini saya nyatakan Kick Off Keketuaan ASEAN Indonesia 2023 dimulai," kata Presiden Jokowi di Bundaran Hotal Indonesia, Jakarta, Minggu (29/1/2023). 

Dalam pidato di kegiatan itu, Presiden Jokowi menyatakan tahun ini Indonesia menjadi Ketua ASEAN di tengah situasi dunia yang diliputi krisis. 

Yakni mulai dari krisis ekonomi, energi, pangan, dan peperangan. 

"Bahwa ASEAN akan terus berkontribusi bagi perdamaian dan stabilitas di Indo-Pasifik, bahwa ASEAN akan terus dapat menjaga pertumbuhan ekonomi dan ASEAN matters epicentrum of growth," sambung Jokowi. 

Dalam kesempatan tersebut Jokowi tampak didampingi oleh jajaran oleh jajaran menteri kabinet Indonesia Maju, diantaranya Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menko Polhukam Mahfud Md, Menteri BUMN Erick Thohir hingga Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. 

Pembukaan Kick Off Keketuaan ASEAN RI 2023 ini dilakukan dengan simbolis tabuh Rebana Biang. Usai menyampaikan sambutan, Jokowi dan para menteri tampak mengambil dan beberapa kali menabuh Rebana Biang tanda dimulainya Kick Off Keketuaan ASEAN RI 2023. 

Sebelumnya pada 13 November 2022, Indonesia telah menerima estafet keketuaan ASEAN dari Kamboja. Dengan begitu, Indonesia akan menjadi Ketua ASEAN pada 2023. 

Penyerahan keketuaan tersebut berlangsung pada Upacara Penutupan KTT Ke-40 dan Ke-41 di Hotel Sokha Phnom Penh, Minggu, 13 November 2022. Secara simbolis, Jokowi menerima palu dari Perdana Menteri Kamboja Hun Sen sebagai penanda Indonesia telah menjadi Ketua ASEAN. 

“Sebuah kehormatan bagi Indonesia menjadi Ketua ASEAN tahun 2023. Keketuaan Indonesia akan menjadikan ASEAN Matters: Epicentrum of Growth,” ujar Jokowi saat itu. (*)

Tombol Google News

Tags:

ASEAN presiden Joko Widodo Jokowi Kick Off