Puting Beliung Terjang Ratusan Bangunan di Sidoarjo, Rumah dan Warung Rusak Berat

Jurnalis: Fathur Roziq
Editor: Muhammad Faizin

9 Januari 2024 01:30 9 Jan 2024 01:30

Thumbnail Puting Beliung Terjang Ratusan Bangunan di Sidoarjo, Rumah dan Warung Rusak Berat Watermark Ketik
Kondisi rumah Rini di Desa Kemantren, Tulangan, yang disapu puting beliung pada Senin sore (8/1/2024). Anggota DPRD Sidoarjo asal Tulangan Dhamroni Chudlori, BPBD, Dinsos, dan Tagana Sidoarjo membantu korban. (Foto: Istimewa)

KETIK, SIDOARJO – Suara gemuruh itu mengejutkan Rini. Perempuan warga Dusun Keputran, Desa Kemantren, Kecamatan Tulangan, itu tidak mengira rumahnya sedang diserang angin ribut pada Senin (8/1/2024). Dia baru sadar setelah atap rumahnya beterbangan tersapu puting beliung.

Sekitar pukul 14.0, hujan deras mulai mengguyur kawasan Tulangan. Rini tenang-tenang saja. Dikiranya itu hujan biasa. Dia bersantai di dalam rumah dengan anak-anaknya. Sekira pukul 15.00, terdengar suara gemuruh. Angin begitu kencang menerpa rumahnya.

Rini mulai panik. Apalagi, atap rumahnya tampak rusak. Dia cepat-cepat mencari perlindungan. Untunglah perempuan parobaya itu segera bereaksi. Sebab, beberapa menit kemudian, empasan angin bertambah kencang. Asbes atap rumahnya terbang. Dari bagian depan hingga ke belakang.

”Tolong, tolong,” ucap Rini bersama anaknya.

Hanya beberapa saat saja puting beliung lewat. Namun, rumah Rini sudah berantakan. Pecahan asbes berjatuhan. Sebagian tembok juga rompal. Batu bata dan semen berguguran ke lantai. Untunglah Rini dan keluarga selamat.

”Ada beberapa tetangga yang datang membantu,” kata H Dhamroni Chudlori, anggota DPRD Sidoarjo asal Tulangan, yang datang ke lokasi Senin sore itu.

Data Badan Pusat Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sidoarjo menyebutkan, angin kencang pada Senin sore itu melanda sedikitnya empat desa di Kecamatan Tulangan. Masing-masing Desa Kemantren, Singopadu, Kepadangan, hingga Grinting.

Terdata, ada 111 rumah rusak ringan di Desa Singopadu. Ada pabrik kerupuk dan 3 rumah warga juga rusak ringan di Desa Kepadangan. Di Desa Grinting juga ada 10 rumah yang rusak ringan. Di Desa Kemantren, 1 warung dan 1 rumah rusak berat, yaitu rumah Rini.  

BPBD, Dinas Sosial, Taruna Siaga Bencana (Tagana) Sidoarjo, serta perangkat desa setempat segera turun membantu warganya. Mereka membantu dan mendata pemilik rumah yang menjadi korban puting beliung.

Senin sore itu juga, angin kencang terjadi di kawasan Kecamatan Balongbendo. Tepatnya, Jalan Raya Surabaya—Mojokerto, Desa Jabaran, Kecamatan Balongbendo. Kejadian juga berlangsung sekitar pukul 14.00.

Sebuah pohon besar tumbang melintang di jalan. Arus lalu lintas kendaraan terganggu. Untunglah anggota Polsek dan Koramil Balongbendo serta petugas BPPD dan warga turun tangan. Mereka bergotong royong mengevakuasi pohon yang menghalangi jalan. (*)

Tombol Google News

Tags:

DPRD Sidoarjo Dhamroni Chudlori BPBD Sidoarjo Dinsos Sidoarjo puting beliung Bencana Angin Ribut