Renovasi Stadion Kanjuruhan Capai 85 Persen, Daya Tahan Material Single Seat Capai 15 Tahun

Jurnalis: Gumilang
Editor: Mustopa

26 September 2024 14:11 26 Sep 2024 14:11

Thumbnail Renovasi Stadion Kanjuruhan Capai 85 Persen, Daya Tahan Material Single Seat Capai 15 Tahun Watermark Ketik
Kondisi Stadion Kanjuruhan yang dilakukan renovasi oleh PT Waskita Karya. (Foto: Binar Gumilang/Ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Progres renovasi Stadion Kanjuruhan di Kepanjen, Kabupaten Malang hingga saat ini mencapai 85 persen. Hal ini disampaikan Project Manager PT Waskita Karya, Vino Teguh Pramudia, Kamis, 26 September 2024.

"Dengan percepatan yang kami lakukan saat ini, harapannya pada bulan Oktober mencapai di atas 95 persen," ujar Vino Teguh Pramudia.

Lebih lanjut ia mengatakan, seusai kontrak, proyek tersebut berakhir pada penghujung Desember 2024.

"Kami laksanakan percepatan, agar proyek renovasi Stadion Kanjuruhan ini selesai lebih cepat. Sehingga, produk yang kami hasilkan dapat dinikmati berbagai pihak," jelasnya.

Disinggung mengenai material yang digunakan, ia menegaskan kualitas dan ketahanan sudah berstandar. Termasuk single seat yang diklaim tahan cuaca panas dan hujan, mengingat Stadion Kanjuruhan belum tertutup atap seluruhnya.

"Untuk material yang kami pakai di Stadion Kanjuruhan ini ya sudah memenuhi standar. Bahan yang kami gunakan polypropylene dengan daya ketahanan 8 sampai 15 tahun," ucapnya.

Sedangkan untuk perawatannya juga sangat mudah. "Kalau nanti mungkin jangka waktu tiga tahun sudah mulai pudar itu cukup dipanaskan, warnanya keluar sendiri," terangnya.

"Biasanya tiga tahun dan lima kali perawatan. Maka dari itu, daya tahannya saya bilang tadi 8 sampai 15 tahun. Menurut saya, material dipakai sangat cocok untuk kegiatan outdoor," imbuhnya.

Dalam renovasi itu kata ia, lebih mengutamakan safety maupun keamanan. "Dalam merenovasi ini soal keamanan kami utamakan. Kemiringan juga sudah tidak terlalu miring. Pintu akses penonton juga sudah tidak curam lagi," katanya.

Karena mengutamakan keamanan kata ia, maka kapasitas stadion berkurang. "Sesuai single seat, kapasitas penonton sebesar 21 ribu. Struktur stadion juga kami perkuat," tegasnya.

Kata ia, untuk tingkat keamanan dan jalur evakuasi juga sudah diperbaiki. "Tingkat kecuraman dan akses evakuasi kami perbaiki secara total. Gate sudah berukuran besar dan tangganya tidak curam," tuturnya.

Pantauan di lapangan, saat ini pekerja sedang mengerjakan tribun barat atau VIP beserta atapnya. Kemudian rumput sudah tertanam dan dilakukan perawatan. Terakhir tampak ada digital score board berukuran besar sudah terpasang. (*)

Tombol Google News

Tags:

Stadion Kanjuruhan Kepanjen Kabupaten Malang PT Waskita Karya Pemkab Malang Arema FC