Sambang Padepokan Arum Sabil, Pimpinan Yayasan Wakaf AMJP Tanam Pohon Buah Nusantara

Editor: Naufal Ardiansyah

25 Desember 2023 11:52 25 Des 2023 11:52

Thumbnail Sambang Padepokan Arum Sabil, Pimpinan Yayasan Wakaf AMJP Tanam Pohon Buah Nusantara Watermark Ketik
Ketua Yayasan Wakaf Al Muhajirien Jakapermai (YW AMJP) HM Syafiudin (kemeja hitam) bersama HM Arum Sabil saat menanam pohon Buah Nusantara di P4S Taruna Bhumi, Jember. (Foto: Dok. Ketik.co.id)

KETIK, JEMBER – Pimpinan Yayasan Wakaf Al Muhajirien Jakapermai (YW AMJP) berkunjung langsung ke Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S) Taruna Bhumi di Padepokan HM Arum Sabil, Kecamatan Tanggul, Kabupaten Jember, Senin (25/12/2023). 

Rombongan keluarga besar YW AMJP dipimpin oleh HM Syafiudin selaku Ketua Yayasan beserta istri Hj Wimala Tiastrinindita. Turut hadir pula HM Lukman Hakim, Hj Amal Latiefah, H Navy Irjayanto, Hj Nur Khumaidah, HM Masyhur Arif, dan Hj Cindy Rosita. 

Ketua P4S Taruna Bhumi, HM Arum Sabil, yang juga tuan rumah Padepokan, menyambut hangat kehadiran rombongan keluarga besar YW AMJP. Pada kesempatan tersebut, Arum Sabil mengajak rombongan melakukan aksi penanaman buah Nusantara Alpukat Pameling.

"Penanaman ini sebagai salah satu upaya komitmen berkelanjutan dalam menjaga alam, memberikan edukasi pentingnya menjaga dan melestarikan lingkungan, serta sebagai syiar kemandirian buah nusantara," ungkap pria yang juga Ketua Kwarda Pramuka Jawa Timur. 

Arum Sabil menjelaskan bahwa melestarikan lingkungan salah satunya dengan menanam pohon buah nusantara bisa memberikan manfaat jangka pendek dan jangka panjang.

"Manfaatnya untuk anak cucu kita agar mereka menghirup udara segar dan berkualitas di tengah gempuran polusi," bebernya. 

Foto Pimpiman Yayasan Wakaf Al Muhajirien Jakapermai (YW AMJP) bersama HM Arum Sabil saat menanam pohon Buah Nusantara di P4S Taruna Bhumi, Jember. (Foto: Dok. Ketik.co.id)Pimpiman Yayasan Wakaf Al Muhajirien Jakapermai (YW AMJP) bersama HM Arum Sabil saat menanam pohon Buah Nusantara di P4S Taruna Bhumi, Jember. (Foto: Dok. Ketik.co.id)

Sementara itu, Ketua Yayasan Wakaf Al Muhajirien Jakapermai, HM Syafiudin mengungkapkan bahwa sangat berbahagia diberi kesempatan menanam pohon Buah Nusantara jenis Alpukat Pameling dan dinasehati oleh Abah Arum Sabil.

Menurutnya, hal ini diniatkan untuk menunaikan pesan Almarhum HM Luthfi Ali dan Almarhumah Hajjah Khumairoh sebagai kedua orang tuanya yaitu agar selalu berbuat baik di jalan yang benar dan selalu bermanfaat terhadap sesama maupun makhluk yang lain dengan wujud nyata doa ucapan dan perbuatan.

"Seperti menanam pohon Buah Nusantara ini untuk amal jariyah beliau," ucap HM Syafiudin. 

Sebagai informasi, Yayasan Waqaf Al Muhajirien Jakapermai awal mula berdirinya atas dasar sebuah rencana besar yang tumbuh dari rutinitas Majelis Taklim ‘Al Muhajirien’ yang dideklarasikan pada hari Jum’at, 22 Syawwal 1399 Hijriyah, bertepatan dengan tanggal 14 September 1979. 

Majelis Taklim ‘Al Muhajirien’ ini sempat berjalan selama 6 (enam) tahun (1979-1985), yang berakhir dengan lahirnya gagasan mendirikan Yayasan Islam yang utamanya dikhususkan bergerak pada bidang pendidikan dan dakwah Islamiyah. 

Yayasan ini kemudian didirikan pada tanggal 9 Agustus 1985 bertepatan dengan tanggal 22 Dzulqa’dah 1405H dengan nama Yayasan Pendidikan Islam Al Muhajirien Jakapermai. Yayasan ini berlokasi di Kota Bekasi, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. 

Yayasan ini membawahi yayasan lembaga pendidikan Al Azhar. Selain itu, yayasan memiliki tujuan di beberapa bidang lain di antaranya bidang sosial, agama, dan kemanusiaan.

Kedatangan Keluarga dan Pimpinan yayasan ke Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S) Taruna Bhumi di Padepokan HM Arum Sabil merupakan upaya dalam mempererat tali silaturahmi serta aksi filantropi. (*)

Tombol Google News

Tags:

Arum Sabil Syafiudin Padepokan Arum Sabil Yayasan Wakaf Al Muhajirien Jakapermai YW AMJP P4S Taruna Bhumi