Sering Disajikan Saat Ramadan, Inilah Manfaat Buah Blewah

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

17 Maret 2024 08:42 17 Mar 2024 08:42

Thumbnail Sering Disajikan Saat Ramadan, Inilah Manfaat Buah Blewah Watermark Ketik
Buah Blewah. (Foto: rsulin.kalselprov.go.id)

KETIK, JAKARTA – Siapa yang tidak kenal buah blewah, buah ini kerapkali hadir di bulan Ramadan sebagai minuman pemuas dahaga.

Buah berwarna kuning pucat ini memiliki cita rasa yang sangat lezat. Buah ini seringkali diolah untuk dijadikan minuman yang segar di tengah cuaca yang panas.

Namun tahukah Anda ternyata buah blewah memiliki kandungan nutrisi yang cukup kaya dan bermanfaat bagi kesehatan. Buah ini memiliki kandungan Vitamin A dan C, potasium, serat, folat, kalsium, seng, fosfor, hingga magnesium.

Dilansir dari beragam sumber berikut ini adalah manfaat buah blewah bagi kesehatan.

1. Mengembalikan cairan tubuh

Buah blewah memiliki kandungan air yang cukup tinggi mirip dengan buah semangka. Selain itu buah ini juga mengandung elektrolit penting yang bisa mengembalikan keseimbangan cairan tubuh.

2. Mencegah asma

Buah blewah juga mengandung beta karoten yang mampu mencegah penyakit asma di kemudian hari. Selain itu kandungan antioksidan yang tinggi pada blewah juga bermanfaat mengurangi peradangan pada penderita asma.

3. Atasi tekanan darah tinggi

Kandungan serat, potasium, dan vitamin C yang ada dalam melon merupakan nutrisi penting untuk kesehatan jantung Anda. Kalium dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi yang jadi penyebab penyakit jantung

4. Kurangi resiko kanker

Kandungan serat pada buah blewah dapat meminimalisir resiko terserang kanker kolorektal. Kanker kolorektal adalah, penyakit kanker yang menyerang sel-sel di usus besar atau rektrum.

5. Melancarkan pencernaan

Seperti yang sudah disebutkan sebelummya jika buah blewah memiliki kandungan air yang cukup tinggi sehingga dapat memperlancar kinerja pencernaan. Selain itu buah ini juga memiliki indeks glikemik rendah yang bermanfaat bagi pencernaan.(*)

Tags:

Ramadan Minuman segar Blewah manfaat kesehatan Beta karoten Antioksidan