Sisihkan Uang Saku, Anak SD Kota Malang Berhasil Berkurban Kambing

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Marno

29 Juni 2023 15:29 29 Jun 2023 15:29

Thumbnail Sisihkan Uang Saku, Anak SD Kota Malang Berhasil Berkurban Kambing Watermark Ketik
Muiz bersama kambing hasilnya menabung (dok. Ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Kisah inspiratif datang dari Muhammad Izzuddin (10), siswa kelas 4 Sekolah Dasar di Kota Malang. Izzudin berhasil membeli kambing untuk Idul Adha berkat menyisihkan uang jajannya setiap hari.

Setiap harinya, Izzudin mendapatkan uang saku sebesar Rp 10.000 dari kedua orang tuanya, Rahmad Eko Firmansyah dan Anis Nooryani. Uang sakunya tersebut ia sisihkah Rp 5.000 untuk ditabung.

"Setiap hari saya menabung separo dari uang saku sekolah Rp 5 ribu, buat beli kambing Idul Adha," kata Muiz, Kamis (29/6/2023).

Saat ini Muiz merupakan warga Jalan Laksda Adi Sucipto, Kota Malang tapi menempuh pendidikan di SD Islam di Sidoarjo, Jawa Timur. Bahkan Muiz rela tidak jajan di sekolah untuk mewujudkan mimpinya tersebut. Terlebih ia sering membawa bekal untuk dimakan di sekolah.

Ia  dilatih menabung sejak kelas 1 SD. Uang yang ia tabung dititipkan kepada orang tuanya. Hingga tabungannya pun terkumpul sebanyak Rp 6 juta.

"Uang menabung sudah Rp 6 juta, saya minta ke mama untuk membelikan kambing yang besar, untuk dibawa ke masjid," ujar Muiz.

Muiz pun diajak membeli seekor kambing dengan harga Rp 3,5 juta dan diserahkan ke Masjid Al Hidayah, Pandanwangi Kota Malang.

"Anak saya menabung sudah lama, ya memang keinginannya sejak dulu saat Idul Adha ingin membeli kambing dari uang tabungannya," ujar Anis selaku ibu Muiz.

Ia pun bersyukur dapat melihat semangat anaknya untuk berbagi di momen Idul Adha 1444 hijriah. Anis juga menekankan bahwa ikut serta untuk berkurban sudah lama menjadi impian Muiz."Alhamdulillah masih kecil bisa punya niat beribadah kurban," lanjutnya.

Sementara itu, takmir Masjid Al Hidayah, Ali Mahrus membenarkan bahwa Muiz telah menyerahkan satu ekor kambing. Muiz pun mendapatkan kartu tanda terima dari takmir masjid setelah menyerahkan hewan kurban.

"Panitia sudah menerima kambing dari anak SD bernama Muhammad Izzudin. Kambing sudah kami terima dan kami beri kartu serah terima," ujar Ali.

Terdapat dua ekor sapi dan 18 kambing yang dikurbankan di Masjid Al Hidayah. Proses penyembelihan dilakukan dengan syariat Islam.(*)

Tombol Google News

Tags:

Muhammad Izzuddin anak sd berkurban Idul Adha 1444 Hijriah Kota Malang