Targetkan Juara, Gubernur Khofifah Lepas 133 Atlet Pornas XVI Korpri

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Muhammad Faizin

13 Juli 2023 06:44 13 Jul 2023 06:44

Thumbnail Targetkan Juara, Gubernur Khofifah Lepas 133 Atlet Pornas XVI Korpri Watermark Ketik
Gubernur Khofifah berfoto bersama para atlet Pornas XVI Korpri, Kamis (13/7/2023). (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melepas keberangkatan kontingen atlet Pekan Olahraga Nasional (Pornas) XVI Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI). Seremoni pelepasan dilakukan di Gedung Negara Grahadi, Surabaya pada Kamis (13/7/2023).

Tahun ini Kota Semarang, Jawa Tengah menjadi tempat penyelenggaraan Pornas XVI. Terdapat 10 cabang olahraga (cabor) yang dilombakan dimana angka ini meningkat dari penyelenggaraan sebelumnya yang hanya 7 cabor. 

Cabor tersebut antara lain Tenis, tenis meja, bulu tangkis, voli, basket, gateball, senam korpri, catur, futsal dan balap sepeda. Kejuaraan ini memakan waktu kurang lebih 10 hari dari tanggal 13 hingga 23 Juli 2023.

Gubernur Khofifah mengatakan inti dari kejuaraan Pornas ini selain olahraga juga sebagai ajang untuk menjalin ikatan silaturahmi antar ASN. Walaupun begitu target untuk menjadi juara tetap harus dikobarkan.

"Jadi intinya bagaimana membangun suasana yang guyup rukun, tetapi tetap membawa medali sebanyak banyaknya untuk Jawa Timur," ungkap Gubernur Khofifah.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur, Adhy Karyono, sebagai komandan kontingen menjelaskan Pada Pornas tahun ini Jawa Timur menargetkan juara umum.

Target tersebut lebih tinggi dibanding Pornas Korpri ke-XV 2019 di Bangka Belitung, dimana Jawa Timur menempati posisi kedua dalam perolehan medali. Sedangkan juara pertama berhasil direbut oleh Jawa Barat.

“Yang istimewa adalah, diantara atlet yang mewakili Jatim ini adalah pejabat struktural yaitu Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur, Direktur RSUD Dr Soetomo Surabaya, Sekda Kota Blitar dan Kepala Dinas Pengairan Kabupaten Banyuwangi,” tegasnya.

Sebagai informasi Pornas XVI kali ini akan diIkuti oleh 100 kontingen yang berasal dari 6 Provinsi seluruh Indonesia, 27 Kementerian dan 37 Lembaga RI. Tercatat sebanyak 4.527 atlet, 564 pelatih dan 671 official  yang telah terdaftar. (*)

Tombol Google News

Tags:

Pornas XVI KORPRI atlet Bertanding Jawa timur ASN Guyup Rukun Khofifah