Tekan Sanitasi Buruk, Rotary Bangun Kamar Mandi untuk Gang Keminggris

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Arief

22 Juni 2023 04:33 22 Jun 2023 04:33

Thumbnail Tekan Sanitasi Buruk, Rotary Bangun Kamar Mandi untuk Gang Keminggris Watermark Ketik
Penyerahan project air bersih oleh Rotary Club Surabaya Kaliasin untuk Gang Keminggris. (Foto: Dok. RCS )

KETIK, SURABAYA – Rotary Club Surabaya Kaliasin terus melakukan kegiatan kemanusiaa. Misi kemanusiaan tidak hanya di Surabaya, tapi juga dilakukan di luar daerah. Sebut saja di Gang Keminggris Desa Oak Alen Kecamatan Selorejo Kabupaten Blitar Jawa Timur pada Rabu, (21/6/2023). 

Sebagai informasi, Gang Keminggris adalah tempat untuk belajar bahasa Inggris dengan cara yang menyenangkan sekaligus mengajarkan anak-anak untuk mandiri. Anak-anak akan belajar selama liburan sekolah dengan tinggal di rumah-rumah penduduk di sekitar rumah pusat belajar di Gang Keminggris. 

Pendiri Gang Keminggris Elvira Aimmatun mengungkapkan, ia berusaha mengembangkan program Islamic English Fun Learning. Sebelum mengadakan program Gang Keminggris, Elvira telah membuat rumah belajar untuk anak-anak di sekitar rumah, yaitu Nailul Ulum. 

"Dengan menguasai bahasa Inggris tentunya kita akan memiliki kemampuan beradaptasi dan bercakap dengan siapa saja," papar peserta magang pegiat literasi Kemenedikbud tahun 2020 ini. 

Menurut Elvira, belajar bahasa Inggris begitu penting. Hanya saja masih banyak generasi muda yang belum menyadarinya. Dengan dasar itulah Elvira tergerak untuk membuat English Camp. 

"Tujuannya adalah menguatkan jati diri generasi penerus bangsa agar tetap beridentitas Indonesia dan mampu bersaing secara global," ujarnya. 

Foto Foto bersama Rotary Club Surabaya Kaliasin dengan anak-anak di Gang Keminggris. (Foto: dok.RCS)Foto bersama Rotary Club Surabaya Kaliasin dengan anak-anak di Gang Keminggris. (Foto: dok.RCS)

Namun, mengenai minimnya fasilitas di Gang Keminggris membuat Rotary Club Surabaya Kaliasin tergerak untuk membangun sanitasi berupa kamar mandi yang layak untuk anak-anak. 

President of Rotary Club Surabaya Kaliasin, Luhita Citra memaparkan, salah satu fokus pihaknya adalah water and sanitation, sekaligus literasi. Hal ini yang mendorong Rotary Club fokus terhadap pendidikan anak maupun kebersihan, salah satunya sanitasi.

Lulu sapaan akrab Luhita menceritakan bahwa selain membangun kamar mandi yang layak untuk Gang Keminggris, komunitasnya juga membangun akses jalan agar mempermudah anak-anak datang ke tempat belajar ini. 

Lulu berharap ke depannya komunitas kemanusiaan lainnya turut peduli dengan Gang Keminggris. Harapannya agar anak-anak memiliki semangat belajar dan mandiri. 

"Ke depannya, Rotary Club Surabaya Kaliasin dapat mengajak komunitas Pemuda Pelopor yang dibina Elvira sebagai RCC (Rotary Club’s Community) yang merupakan perpanjangan tangan dari RCS Kaliasin, untuk menjalankan project-projet kemanusiaan," harapnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Rotary Club Rotary Club Surabaya Rotary Club Surabaya Kaliasin Gang Keminggris Desa Oak Alen Luhita Citra Elvira Aimmatun