Tim Korea Selatan Menang Dramatis dari Portugal 

Editor: Shinta Miranda

3 Desember 2022 04:46 3 Des 2022 04:46

Thumbnail Tim Korea Selatan Menang Dramatis dari Portugal  Watermark Ketik
Timnas Korea Selatan. (Foto: Michael Darder/Reuters) 

KETIK, JAKARTA – Pertandingan Timnas Korea Selatan sukses meraih kemenangan di pertandingan terakhir grup H Piala Dunia 2022. Melawan Portugal, The Taeguk Warriors berhasil menang dengan skor 2-1. 

Portugal unggul terlebih dahulu di laga ini berkat gol Ricardo Horta, namun Kim Young-Gwon berhasil menyamakan kedudukan. Gol kemenangan Korea Selatan dicetak oleh Hwang Hee-chan di masa injury time. 

Di sisi lain, Portugal sudah mengamankan tempat di babak 16 besar Piala Dunia 2022, tetapi masih membutuhkan satu poin untuk menjamin posisi teratas Grup H. 

"Kami memiliki tantangan besar di depan. Skuad ini harus melakukannya," kata Paulo Bento dilansir dari Reuters

Dalam Piala Dunia edisi 20 tahun lalu, Korea Selatan mengalahkan 10 pemain Portugal yang di dalamnya termasuk Bento, juga dalam pertandingan fase grup terakhir. 

Hasil tersebut membuat Portugal gagal ke babak berikutnya, sebaliknya Korea Selatan melaju kencang hingga semifinal. 

Dalam turnamen di Qatar ini Portugal mengawali petualangan mereka dengan mengalahkan Ghana 3-2 sebelum menang meyakinkan 2-0 atas Uruguay pada pertandingan keduanya. 

Portugal berusaha keras memuncaki Grup H demi menghindari pertemuan terlalu dini dengan Brazil yang kemungkinan besar finis urutan teratas Grup G. Juara Grup G bakal ditantang runner up Grup H dalam partai 16 besar. 

"Kami akan memburu posisi teratas, bukan hanya karena (faktor) Brazil," kata pelatih Portugal Fernando Santos seperti dikutip Reuters. 

Paulo Bento, yang juga merupakan mantan pemain Portugal, mengatakan bahwa saat ini negara asalnya memiliki salah satu generasi sepak bola terbesar dalam sejarah. 

Hal tersebut juga diakui oleh bek timnas Korea Selatan, Kim Young-gwon. 

Berkat kemenangan ini timnas Korea Selatan finish di peringkat dua klasemen grup H dengan raihan empat poin. Mereka unggul jumlah gol dari Uruguay sehingga mereka menemani Portugal untuk lolos ke babak 16 besar. (*)

Tombol Google News

Tags:

Timnas Korea Selatan Portugal grup H   World Cup 2022