Tinjau Jalan Tol Menuju IKN, Menteri Basuki Targetkan Selesai Juli 2024

Jurnalis: Wandi Ruswannur
Editor: Muhammad Faizin

22 Januari 2024 10:53 22 Jan 2024 10:53

Thumbnail Tinjau Jalan Tol Menuju IKN, Menteri Basuki Targetkan Selesai Juli 2024 Watermark Ketik
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono sedang melakukan mengecek perkembangan pengerjaan pembangunan jalan tol IKN (Foto: Kementerian PUPR)

KETIK, PENAJAM PASER UTARA – Pengerjaan proyek Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur terus dikebut karena akan digunakan upacara bendera RI pada tanggal 17 Agustus 2024.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono turun langsung mengecek perkembangan pengerjaan jalan tol menuju IKN bersama dengan jajarannya.

Menteri Basuki mengatakan jalan tol menuju IKN Tahap 1 ditargetkan akan rampung pada bulan Juli tahun 2024 ini.

“Terus perhatikan dan pastikan kualitasnya karena kualitas jalan tol IKN ini harus lebih baik dibandingkan jalan tol lain yang sudah kita bangun. Jika ada kendala, segera identifikasi dan perbaiki. Tahap 1 harus sudah selesai dan bisa dioperasikan pada Juli 2024,” kata Basuki, Senin (22/01/2024). 

Basuki menyatakan, pembangunan jalan tol IKN tahap 1 berjalan pada 3 seksi, yakni Seksi 3A (Karangjoang-KKT Kariangau), Seksi 3B (KKT Kariangau-Simpang Tempadung), dan Seksi 5A (Simpang Tempadung-Jembatan Pulau Balang). 

"Dengan progres masing-masing 48%, 57%, dan 67%. Ketiga seksi ini ditargetkan rampung dan fungsional pada Juli 2024," ujar alumnus UGM ini dengan jelas dan lugas.

Basuki menambahkan, Seksi 6A (Riko-Rencana Outer Ring Road IKN) dan Seksi 6B (Rencana Outer Ring Road-Simpang 3 ITCI) saat ini sedang dalam tahap pengadaan tanah dengan progres konstruksi masing-masing 4,8% dan 17,5%.

Menurutnya, jalan tol IKN akan mempersingkat waktu tempuh dari Balikpapan-KIPP IKN dari semula sekitar 2 jam menjadi hanya sekitar 45 menit. 

"Sepanjang jalan tol ini ditanami pepohonan endemik Kalimantan, sesuai prinsip IKN sebagai kota hutan dan kota pintar (smart forest city)," pungkas Basuki. (*) 

Tombol Google News

Tags:

IKN Jalan tol Kementerian PUPR Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono