Top! Kanwil ATR/BPN Jatim Sabet MAPI Award untuk Kedua Kalinya

Jurnalis: Samsul HM
Editor: Irwansyah

17 Januari 2023 23:15 17 Jan 2023 23:15

Thumbnail Top! Kanwil ATR/BPN Jatim Sabet MAPI Award untuk Kedua Kalinya Watermark Ketik
Kanwil ATR/BPN Jatim Jonahar menerima MAPI Award 2023. (Foto: Dok. Ketik.co.id)

KETIK, BANDUNG – Prestasi membanggakan kembali ditorehkan oleh Kanwil ATR/BPN Jatim. MAPI Award 2023 menambah deretan prestasi yang diraih oleh Kanwil ATR/BPN Jatim.

Penghargaan dari Masyarakat Anti Pungli Indonesia (MAPI) ini diberikan atas atas kinerjanya dalam upaya memberantas pungutan liar (pungli) di wilayah Jawa Timur.

Turut hadir dalam kegiatan ini perwakilan dari Kementerian ATR/BPN, perwakilan dari Imigrasi, Pemprov Jabar, Pemprov DKI, dan undangan penting lainnya.

Kepala Kanwil ATR/BPN Jatim, Jonahar, mendapatkan apresiasi khusus dari Dewan Pengarah MAPI, Widiyanto Poesoko, saat penyerahan MAPI Award 2023 tingkat nasional untuk Kategori Pelayanan Publik Responsif di Hotel eL Kota Bandung, Selasa (17/1/2023). 

Jonahar berhasil mengantarkan Kanwil ATR/BPN Jatim meraih MAPI Award untuk kedua kalinya setelah berhasil meraih penghargaan MAPI tahun 2021 di Jawa Tengah.

Foto Kanwil ATR/BPN Jatim Jonahar berbagi tips pelayanan responsif kepada masyarakat. (Foto: Dok. Ketik.co.id)Kakanwil ATR/BPN Jatim Jonahar berbagi tips pelayanan responsif kepada masyarakat. (Foto: Dok. Ketik.co.id)

Jonahar secara khusus diminta untuk menyampaikan tips dan trik dalam hal pelayanan responsif kepada masyarakat. Menurutnya, pelayanan yang cepat adalah prioritas, sehingga setiap ada laporan masuk, pihaknya segera menindaklanjuti.

"Jadi kalau ada keluhan dari mayarakat Jawa Timur yang disampaikan ke MAPI, kemudian MAPI menyampaikannya kepada kami, itu langsung saya datangi ke kantor perwakilan ATR/BPN pemerintah daerah, untuk kemudian kita selesaikan bersama," tegas Jonahar.

Ia menyontohkan seperti yang pernah terjadi di Kantor ATR/BPN Sidoarjo dan Kediri. Ketika ada keluhan masuk, pihaknya mendatangi kantor yang bersangkutan secara langsung.

Tak hanya itu, Kanwil ATR/BPN Jatim rutin melakukan evaluasi terhadap pelayanan pertanahan di Jawa Timur. Hal ini dilakukan dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan mencegah pungutan liar.

"Kami juga ada program layanan prioritas di mana tidak ada lagi praktek percaloan. Tentu ini semua untuk peningkatan pelayanan kepada masyarakat. Nah, program prioritas ini yang sampai saat ini kita terus gencarkan," ucapnya.

Foto Kakanwil ATR/BPN Jatim Jonahar meraiah MAPI Award 2023. (Foto: Dok. Ketik.co.id)Kakanwil ATR/BPN Jatim Jonahar meraiah MAPI Award 2023. (Foto: Dok. Ketik.co.id)

Kanwil ATR/BPN Jatim juga memiliki program unggulan lainnya yakni Loket Prioritas dimana pelayanan pertahanan tetap dibuka meski hari sabtu dan minggu. Ini diterapkan di seluruh kantor pertanahan se-Jawa Timur.

"Sesuai arahan Bapak Menteri Hadi Tjahjanto (Menteri ATR/Kepala BPN) bahwa Loket Prioritas ini salah satu bentuk komitmen kami bagaimana untuk tetap bisa melayani masyarakat di luar hari kerja. Selain itu untuk menhindari berkas numpuk di Kantor BPN," bebernya.

Jonahar mengajak insan ATR/BPN se-Jawa Timur mampu bergerak konsisten dalam melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya pelayanan. ATR/BPN selalu mengedepankan kepuasan masyarakat sebagai tolak ukur pelayanan.

"Semakin masyarakat puas terlayani dengan baik, maka itu menjadi indikator kalau kita berhasil," tukasnya.

Ia mengaku siap menerima kritikan, masukan dan keluhan dari masyarakat untuk ATR/BPN Jatim yang lebih baik. Kritik bisa disampaikan langsung kepada Jonahar atau lewat media sosial resmi milik Kanwil ATR/BPN Jatim.

Untuk diketahui, MAPI Award 2023 ini Jawa Timur mendapatkan dua penghargaan. Selain Kanwil ATR/BPN Jatim, juga Kantor ATR/BPN Gresik dari Kategori Pelayanan Publik Kreatif.

Baru ini, Kanwil ATR/BPN Jatim meraih rangking pertama dalam penyelesaian sertifikasi lahan Program PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap) karena sudah mencapai 100 persen.

Pihaknya juga menyediakan anggaran terbesar se-nasional yakni Rp733 miliar, dan memberikan kontribusi ke ATR/BPN pusat. "Atas prestasi ini kami juga berharap menjadi rangking pertama dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat terkait pertanahan," pungkasnya.

Dengan diraihnya berbagai prestasi ini, Jonahar optimistis menjadi pecut penyemangat kepada Kanwil ATR/BPN untuk mampu mempertahankan prestasi ini dan memberi pelayanan yang lebih baik lagi di tahun 2023. (*)

Tombol Google News

Tags:

Kanwil ATR/BPN Jatim MAPI Award Jonahar