Universitas Petra Duduki Peringkat 1 PTS Terbaik Se-Jatim

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: M. Rifat

26 Juni 2024 10:45 26 Jun 2024 10:45

Thumbnail Universitas Petra Duduki Peringkat 1 PTS Terbaik Se-Jatim Watermark Ketik
PCU menjadi kampus swasta terbaik Quacquarelli Symonds (QS) World University Rankings (QS WUR) 2025. (Foto: Humas PCU)

KETIK, SURABAYA – Universitas Kristen Petra atau Petra Christian University (PCU) kembali menyandang peringkat 1 Perguruan Tinggi Swasta terbaik versi Lembaga pemeringkatan terbaik di dunia, Quacquarelli Symonds (QS) World University Rankings (QS WUR) 2025.

Berdasarkan informasi resminya yang sudah di launching awal bulan Juni ini di https://www.topuniversities.com/world-university-rankings, tercatat pemeringkatan tahun 2025 merupakan pemeringkatan yang terbesar.

Ada 1.503 institusi yang berasal dari 106 negara termasuk 26 kampus Indonesia.

Berdasarkan data tersebut menjadikan Universitas Petra sebagai PTS swasta terbaik di Jawa Timur dan No.20 se-Indonesia.

Rektor PCU, Prof. Dr. Ir. Djwantoro Hardjito., M.Eng., mengungkapkan rasa bahagianya atas pencapaian ini. PCU kembali mendapatkan predikat PTS No.1 di Jawa Timur. Dua tahun berturut-turut pihaknya mendapatkan prestasi ini.

"Artinya kami mampu mempertahankan prestasi ini dengan peringkat 1.401+. Ini semua merupakan buah kerja keras, dedikasi, dan kolaborasi dari seluruh sivitas,” kata Prof. Djwantoro. 

Ranking Manager-Task Force Chandra Pratama Setiawan menjelaskan ada 9 indikator yang menjadi kriteria dalam penilaian QS WUR 2025, yaitu Academic Reputation, Citations per Faculty, Employer Reputation, Employment Outcomes.

Selain itu adanya Faculty Student Ratio, International Faculty, International Research Network, International Students, dan Sustainability. 

Chandra menambahkan unsur yang membedakan dalam pemeringkatan tahun 2025 ini adalah adanya tambahan indikator Sustainability

"Tahun ini, PCU telah mendapatkan poin pada indikator tersebut dibanding tahun sebelumnya," tambah Chandra," paparnya.

Menurutnya, posisi ini tak membuat kampus yang berada di daerah Siwalankerto itu berpuas diri, melainkan malah semakin mendorong PCU untuk terus melakukan berbagai inovasi pembelajaran, agar lulusannya mampu menjawab tantangan masa depan. "Proficiat PCU!," terangnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Universitas Kristen Petra PCU Petra Christian University Quacquarelli Symonds PTS Terbaik kampus swasta terbaik PTS Jatim