Usai Dilantik, Anggota DPRD Labuhanbatu Langsung Tancap Gas

Jurnalis: Joko Gunawan
Editor: Gumilang

26 September 2024 16:40 26 Sep 2024 16:40

Thumbnail Usai Dilantik, Anggota DPRD Labuhanbatu Langsung Tancap Gas Watermark Ketik
Anggota DPRD Labuhanbatu periode 2024-2029 mengikuti proses pengambilan sumpah dan pengucapan janji dalam rangkaian pelantikan. (Foto: Joko/Ketik.co.id)

KETIK, LABUHAN BATU – Pasca dilantik pada Rabu tanggal 25 September 2024, 45 anggota DPRD Kabupaten Labuhanbatu, Provinsi Sumut periode 2024-2029 akan tancap gas melaksanakan sejumlah tugas prioritas.

Diantaranya, mengikuti bimbingan atau orientasi di kantor Gubernuran Sumut sekaligus penyusunan alat kelengkapan serta pemenuhan fraksi-fraksi. Demikian dikatakan Ketua DPRD Labuhanbatu sementara, HM Arsyad Rangkuti dihubungi Ketik.co.id, Kamis, 26 September 2024.

Sepengetahuannya, tugas pertama mereka yang sehari sebelumnya telah dilantik itu, akan menghadiri rapat sekaitan regulasi dan tahapan kinerja anggota dewan.

"Saya ini belum masuk kantor, karena semalam baru dilantik. Tapi, ada info saya terima bahwa kita akan rapat dengan SDM di Medan," ujarnya.

Foto Anggota DPRD Labuhanbatu periode 2024-2029 foto bersama dengan Forkopimda di gedung dewan beberapa saat usai dilantik. (Foto: Joko/Ketik.co.id)Anggota DPRD Labuhanbatu periode 2024-2029 foto bersama dengan Forkopimda di gedung dewan beberapa saat usai dilantik. (Foto: Joko/Ketik.co.id)

Maka, terkait dengan tata cara penentuan atau penetapan alat kelengkapan dewan, dia belum dapat memastikannya. Namun, terhadap fraksi, maka masing-masing partai akan menyusunnya sendiri.

Untuk sementara, ujarnya, telah terdapat lima fraksi yang terbentuk, misalnya fraksi Nasdem, Golkar, Gerindra, PDIP dan fraksi Demokrat. Biasanya, akan kembali ditetapkan fraksi gabungan.

Sementara, untuk fraksi gabungan, dalam waktu dekat anggota dewan dari masing-masing partai politik, akan saling berkomunikasi guna menentukan nama dan syarat pembentukan fraksi gabungan.

"Kalau fraksi gabungan, biasanya minimal diisi anggota dewan sesuai banyaknya komisi. Misalnya, berapa komisi di DPRD, itu lah jumlah minimalnya orangnya untuk fraksi gabungan," papar Arsyad Rangkuti lagi.

Terpisah, Plt Sekwan Labuhanbatu, Zuhri menambahkan, anggota DPRD akan mengikuti pendidikan dan pelatihan berkaitan dengan pelaksanaan tugas, pokok dan fungsi.

"Iya, pembekalan terkait tupoksi di kantor badan pengembangan sumber daya manusia (BPSDM) Sumatera Utara," terangnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

DPRD Labuhanbatu Sumut periode 2024-2029 Pengambilan Sumpah pelantikan ketua DPRD Sekwan Pembelakan Kantor BPSDM Alat Kelengkapan fraksi