Vonis Mati Sambo, Rizal Ramli: Momentum Kapolri Membangun Legacy 

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Moana

16 Februari 2023 11:47 16 Feb 2023 11:47

Thumbnail Vonis Mati Sambo, Rizal Ramli: Momentum Kapolri Membangun Legacy  Watermark Ketik
Dr Rizal Ramli.(Istimewa)

KETIK, JAKARTA – Tokoh Nasional Dr Rizal Ramli mengapresiasi kinerja aparatur penegak hukum dalam menuntaskan perkara pembunuhan Brigadir J.

Majelis hakim telah mengetok palu dan menjatuhkan vonis hukuman mati kepada Ferdy Sambo. Majelis hakim juga memberikan vonis hukuman kepada empat pelaku lain. Yaitu, Putri Chandrawati, Kuat Ma’ruf, Ricky Rizal, dan Richar Eliezer. 

Putri Chandra wati divonis penjara seumur hidup. Kuat Ma’ruf  vonis 15 tahun penjara, sedangkan Ricky Rizal vonis 13 tahun penjara. Terakhir, sang justice collaborator, Richard Eliezer hanya divonis 1,5 tahun penjara. 

Menurut Rizal Ramli, puncak penyelesaian perkara hukum atas kasus Ferdy Sambo ini dapat menjadi momentum bersejarah dan peluang Kapolri Jendral Listyo Sigit untuk membuat history dan legacy.

"Momentum Sambo memberikan peluang historis kepada Kapolri Listyo Sigit, a decent officer untuk membuat legacy,” terang Rizal, Kamis (16/2/2023).

Histori itu, kata Rizal, memiliki makna mengembalikan institusi Polri kepada khittah-nya, dengan menghapuskan multi fungsi Polri. 

"Yaitu dengan mengembalikan Polri kembali ke khitohnya, hapuskan multi-fungsi Polri,” lanjut Rizal.

Selain itu, Rizal juga melihat bahwa ini bisa menjadi momentum untuk memperbaiki sistem seleksi, pendidikan, dan promosi dalam institusi Polri. 

“Reformasi sistim seleksi, pendidikan dan promosi Polri sehingga tidak tergantung setoran uang,” pungkas Rizal. 

Pernyataan Rizal ini bukan tanpa alasan. Pasalnya, citra institusi Polri semakin tercoreng dengan adanya kasus pelanggaran yang dilakukan oleh anggotanya.

Selain kasus Sambo, isu terakhir yang mencoreng institusi Polri adalah tindakan arogan anggota kepolisian saat sidang kasus Tragedi Kanjuruhan.(*)

 

Tombol Google News

Tags:

Dr Rizal Ramli Ferdy Sambo Vonis Mati Sambo Kapolri Listyo Sigit Polri