Winner Putra Duta Kesehatan Provinsi Jawa Barat 2023 Gaungkan Advokasi 'Gapai'

Jurnalis: Wandi Ruswannur
Editor: Mustopa

21 April 2024 00:44 21 Apr 2024 00:44

Thumbnail Winner Putra Duta Kesehatan Provinsi Jawa Barat 2023 Gaungkan Advokasi 'Gapai' Watermark Ketik
Mochamad Djanu Anshar, Winner Putra Duta Kesehatan Provinsi Jawa Barat 2023 (Foto: dok. pribadi)

KETIK, BOGOR – Mochamad Djanu Anshar, A.Md., Kep., akrab dengan panggilan Djanu merupakan pemuda asal Kabupaten Bogor peraih selempang Putra Duta Kesehatan Provinsi Jawa Barat 2023. Ia menggaungkan advokasi yang dikenal dengan nama 'Gapai'.

"Advokasi Gapai yang saya jalankan merupakan akronim dari Gerakan Peduli Pasien Hipertensi," kata Djanu kepada media online nasional Ketik.co.id, Minggu (21/04/2024).

Pemilik akun media sosial Instagram @djanuansh  ini menyampaikan, bahwa advokasi Gapai telah dijalankan sejak tahun 2022 di Puskesmas Jonggol, Kabupaten Bogor.

"Advokasi Gapai berkolaborasi dengan program Penyakit Tidak Menular (PTM), Lansia, Posbindu dan juga pelayanan di dalam gedung," ujar pemuda yang bekerja sebagai perawat di Puskesmas Jonggol Kabupaten Bogor.

Foto Mochamad Djanu Anshar sedang melaksanakan advokasi GAPAI (Foto: dok. pribadi)Mochamad Djanu Anshar sedang melaksanakan advokasi GAPAI (Foto: dok. pribadi)

Menurutnya, fokus utama Gapai ini dilakukan bagi pasien dengan diagnosa hipertensi yang tidak terkontrol. Djanu membagikan lembar pemantauan minum obat hipertensi dan juga tingkat pengetahuan mengenai penyakit tersebut. 

Diharapkannya, advokasi Gapai ini bisa diaplikasikan di semua fasilitas guna memudahkan tenaga kesehatan dan juga pasien dalam menggapai layanan kesehatan, baik di tingkat pertama maupun lanjutan.

"Saya mengajak kepada masyarakat khususnya generasi muda supaya lebih peduli dengan kesehatannya sendiri dan juga orang di sekitarnya," imbuhnya.

"Untuk itu diharapkan masyarakat mau rutin kontrol ke fasilitas kesehatan sebagai deteksi dini penyakit. Selain itu gerakan masyarakat hidup sehat juga suatu hal penting yang bisa kita lakukan dalam kegiatan sehari-hari," tutupnya.

Berikut prestasti dan pengalaman Djanu, yaitu:

1. Winner Putra Duta Kesehatan Provinsi Jawa Barat 2023
2. Peserta Latsar Terbaik 2 Angkatan 16 Kabupaten Bogor 2021
3. Perawat ICU RSUD Cileungsi
4. Perawat pelaksana Puskesmas Jonggol
5. Pelatihan ICU Dasar 
6. Pelatihan PONED Dasar.(*)

Tombol Google News

Tags:

Mochamad Djanu Anshar advokasi GAPAI Winner Putra Duta Kesehatan Provinsi Jawa Barat 2023
04. Home Sidebar 1
06. Home Sidebar 3 04. Home Sidebar 1