Anggaran Rp5,8 Miliar Siap Dialokasikan untuk Perbaikan Sekolah Rusak di Kota Malang

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Mustopa

4 Oktober 2024 12:12 4 Okt 2024 12:12

Thumbnail Anggaran Rp5,8 Miliar Siap Dialokasikan untuk Perbaikan Sekolah Rusak di Kota Malang Watermark Ketik
Kondisi salah satu bagian di SDN Ketawanggede Kota Malang yang mengalami kerusakan. (Foto: Lutfia/Ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Pemerintah Kota Malang siap menggelontorkan dana hingga Rp5,8 miliar untuk perbaikan sekolah rusak. Dana tersebut akan digunakan untuk memperbaiki 11 sekolah yang telah terdata.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Malang, Suwarjana mengaku telah melaksanakan rapat koordinasi untuk pematangan data. Adapun dana tersebut diperoleh dari tanggungjawab sosial perusahaan atau CSR.

"Kami sudah rapat koordinasi, sekarang dimatangkan dulu. Dari datanya ada 11 sekolah yang butuh perbaikan, setelah itu ada CSR," ujarnya, Sabtu 4 September 2024.

Sekolah-sekolah tersebut memiliki jenis kerusakan yang cukup beragam. Namun banyak kerusakan yang didapatkan pada bagian atap hingga tembok. Perbaikan gedung sekolah melalui CSR tersebut sebagai salah satu upaya jangka pendek yang telah disiapkan Pemkot Malang.

Terlebih Pj Wali Kota Malang, Iwan Kurniawan telah menempatkan perbaikan bangunan sekolah sebagai salah satu program prioritas selama masa jabatannya.

"Skala prioritas nanti dicarikan dari CSR oleh pak Pj Wali Kota Malang, itu yang jangka pendek tahun 2024 ini," lanjutnya.

Beberapa sekolah yang mendapatkan jatah perbaikan jangka pendek ialah SD Negeri Ketawanggede, SMP Negeri 25 Kota Malang, SD Negeri Tanjungrejo 3 dan sekolah lainnya.

Kota Malang memiliki sekitar 58 sekolah yang memerlukan perbaikan. Berdasarkan data Disdikbud Kota Malang, terdapat 1.820 kerusakan di ruang SD dan SMP. Dari total tersebut, 1.121 di antaranya merupakan ruang SD dan 699 ruangan di SMP. 

Untuk tingkat kerusakan di SD, terdapat 996 ruangan rusak ringan, 70 rusak sedang, dan 55 rusak berat. Sedangkan tingkat kerusakan ruangan di jenjang SMP, terdiri dari 697 rusak ringan dan dua ruang mengalami kerusakan berat.(*)

Tombol Google News

Tags:

sekolah rusak Anggaran Perbaikan Kota Malang perbaikan sekolah Darurat Sekolah Rusak