Anies Baswedan Dorong Pembentukan Kementerian atau Badan Khusus Perkotaan

Jurnalis: Mustopa
Editor: Marno

13 Juli 2023 14:03 13 Jul 2023 14:03

Thumbnail Anies Baswedan Dorong Pembentukan Kementerian atau Badan Khusus Perkotaan Watermark Ketik
Anies Baswedan. (Foto:Instagram @aniesbaswedan)

KETIK, JAKARTA – Bakal calon presiden dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan, Anies Baswedan mendorong adanya badan khusus atau kementerian yang mengurus perkotaan. Keberadaan lembaga itu dinilai penting agar masyarakat perkotaan bisa diadvokasi secara maksimal. 

Gagasan itu disampaikan Anies saat menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XVI Asosiasi Pemerintah Kota Se-Indonesia (Apeksi) di Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (13/7/2023). Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut menjadi salah satu pembicara.

”Sudah saatnya perlu ada apapun namanya badan yang mengurus perkotaan sehingga kota-kota ini ada advokatnya di tingkat nasional,” kata Anies Baswedan seperti dilansir Liputan6.com, Kamis (13/7/2023).

Keberadaan badan khusus perkotaan semakin krusial karena masih terjadi banyak ketimpangan. Sejauh ini, pemerintah pusat hanya memiliki kementerian yang fokus untuk mengurus pedesaan.

”Ada kota-kota yang perencanaan tata ruangnya baik, ada kota-kota yang perencanaan tata ruangnya kurang. Dan koordinasi hanya dari kementerian tata ruang, itu tidak akan pernah mencukupi,” Anies menambahkan.

Tugas kementerian atau badan khusus perkotaan nantinya untuk melakukan pemberdayaan masyarakat hingga mengatasi masalah pembangunan. Pengelolaan tata ruang, pendidikan dan lainnya juga menjadi tanggung jawab lembaga tersebut.

Rakernas XVI Apeksi menjadi ajang adu gagasan bagi bakal calon presiden. Sebab, panitia juga mengundang Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dan Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto untuk menyampaikan idenya dalam memajukan perkotaan. (*)

Tombol Google News

Tags:

Anies Baswedan apeksi Perkotaan