Apel Akbar Dibuka, Penegak Pramuka Pegang Amanah sebagai Sabda Pandita Ratu

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Gumilang

7 Agustus 2024 02:14 7 Agt 2024 02:14

Thumbnail Apel Akbar Dibuka, Penegak Pramuka Pegang Amanah sebagai Sabda Pandita Ratu Watermark Ketik
Pembukaan Apel Akbar Pramuka se-Jawa Timur yang digelar di Kota Batu. (Foto: Lutfia/Ketik.co.id)

KETIK, BATU – Apel Akbar Pramuka Penegak dan Pelatihan Kepramukaan se-Jawa Timur 2024 digelar di Camping Ground Hotel Purnama Kota Batu, Rabu, (7/8/2024) pagi. Melalui kegiatan tersebut para Penegak Pramuka diberikan amanah sebagai Sabda Pandita Ratu. 

Hal tersebut disampaikan oleh pembina apel sekaligus Ketua Kwarda Pramuka Jatim, Arum Sabil saat membuka kegiatan tersebut. Ia menuturkan bahwa dalam diri setiap Penegak Pramuka tak cukup hanya memiliki kecerdasan intelektual.

Namun juga kekuatan mental dan psikologis yang bagus. Keterampilan tersebut harus diimbangi dengan moral serta iman dan ketaqwaan pada Tuhan yang Maha Esa. 

"Tentu diimbangi dengan cintal alam dan kasih sayang sesama manusia. Kalau semua itu ada di diri para Pramuka maka menjadi sosok Sabda Pandita Ratu. Ucapan dan perilakunya bisa didengar dan diteladani," ucap Arum. 

Foto Para peserta Penegak Pramuka Jatim saat mengikuti Apel Akbar di Camping Ground Hotel Purnama Kota Malang. (Foto: Lutfiah Indah/Ketik.co.id)Para peserta Penegak Pramuka Jatim saat mengikuti Apel Akbar di Camping Ground Hotel Purnama Kota Malang. (Foto: Lutfiah Indah/Ketik.co.id)

Berkegiatan di Pramuka dinilai mampu membentuk pribadi tersebut. Terlebih dalam Pramuka, peserta diajarkan menjadi seorang patriotik dan menjadi masyarakat yang baik dan berguna. 

"Tujuan Pramuka sangat mulia karena diinternalisasi dalam diri anggota melalui prinsip dasar Pramuka. Di sini kita disiapkan menjadi pemimpin yang bertanggungjawab kepada Tuhan yang Maha Esa dan negara," tegasnya. 

Ia menilai para Penegak Pramuka menjadi harapan bagi keberlangsungan bangsa dan negara di masa depan. Para pemuda yang digembleng dengan nilai-nilai kepramukaan diharapkan mampu membawa bangsa yang maju dan bermartabat. 

"Presiden Sukarno telah berpesan, berusahalah sehebat-hebatnya untuk mengembangkan dan meluaskan gerakan Pramuka. Sampai tiap anak dan pemuda, dengan bangga dan hormat menyatakan aku Pramuka Indonesia," tegasnya. 

Sebagai informasi, Apel Akbar tersebut dilaksanakan secara hybrid dan terpusat di Kota Baru. Para peserta juga tersebar di setiap cabang Pramuka seluruh Jawa Timur. 

Total seluruh peserta Apel Akbar baik yang ada di Kota Batu maupun di berbagai cabang lainnya mencapai 19.079 peserta Pramuka Penegak se-Jawa Timur. Kegiatan tersebut berlangsung sejak 6-9 Agustus 2024. 

Pada rangkaian Apel Akbar, disertai dengan pemecahan tiga Rekor Muri. Mulai dari apel akbar Pramuka serentak dengan kemah terbanyak, pagelaran macapat oleh Pramuka terbanyak, dan pelatihan siaga bencana oleh pramuka terbanyak.  (*)

Tombol Google News

Tags:

Apel Akbar Pramuka se-Jatim Pramuka Jatim Apel Akbar Pramuka Penegak dan Pelatihan Kepramukaan se-Jawa Timur 2024 Sabda Pandita Ratu Arum Sabil