Bupati Bandung Ingin Bangun Generasi Muda Berkarakter Pancasila dan Berakhlaq Mulia

Editor: Akhmad Sugriwa

1 Juni 2023 03:56 1 Jun 2023 03:56

Thumbnail Bupati Bandung Ingin Bangun Generasi Muda Berkarakter Pancasila dan Berakhlaq Mulia Watermark Ketik
Bupati Bandung Dadang Supriatna saat upacara Hari Kesaktian Pancasila 1 Juni di Lapang Upakarti Soreang, Kamis (1/6/23). (Foto: Iwa/Ketik.co.id)

KETIK, BANDUNG – Bupati Bandung Dadang Supriatna menandaskan dirinya ingin membangun generasi muda yang berkarakter Pancasila dan berakhlak mulia. Untuk ia mencanangkan program tiga muatan lokal dalam kurikulum pendidikan bagi para siswa TK, SD dan SMP di Kabupaten Bandung. 

Ketiga mulok itu antara lain Pendidikan Pancasila dan UUD 1945, Pendidikan dan Budaya Sunda serta Belajar Mengaji dan Menghafal Al-Quran. 

Makna Peringatan Hari Pancasila itu disampaikannya seusai Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 1 Juni di Lapangan Upakarti Soreang, Kamis (1/6/23).

Bagi Bupati, peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Kabupaten Bandung juga dijadikan moment untuk mengevaluasi sejauh mana implementasi program ketiga muatan lokal pendidikan itu di tiap sekolah. 

"Kalau kita mampu mengimplementasikan butir-butir Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, insya Alloh negara kita akan menjadi negara yang maju. Karena itu dengan program tiga muatan lokal kurikulum pendidikan Kabupaten Bandung ini, saya ingin membentuk generasi muda Kabupaten Bandung yang berkarakter Pancasila dan berakhlaq mulia dalam rangka membangun masa depan negara kita ini," ungkap Bupati Bandung.

Dadang Supriatna menambahkan, filosofi Pancasila ini sangat luar biasa sehingga menjadi panduan yang mampu mempersatukan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang beragam ini.

"Dengan memahami kandungan dari butir-butir Pancasila dan mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, maka masyarakat akan lebih menghormati dan menghargai sehingga tercipta kerukunan dan menjaga Kabupaten Bandung tetap kondusif," kata Dadang.

Foto Bupati Bandung Dadang Supriatna saat upacara Hari Kesaktian Pancasila 1 Juni di Lapang Upakarti Soreang, Kamis (1/6/23). (Foto: Iwa/Ketik.co.id)Bupati Bandung Dadang Supriatna saat upacara Hari Kesaktian Pancasila 1 Juni di Lapang Upakarti Soreang, Kamis (1/6/23). (Foto: Iwa/Ketik.co.id)

Penerapan tiga mulok yang dimiliki Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung ini selaras dengan program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemdikbudristek) RI selama ini.

PPK sendiri merupakan upaya untuk menumbuhkan dan membekali generasi muda agar memiliki bekal karakter baik, keterampilan literasi yang tinggi, dan mampu berpikir kritis. Dengan menjadikan religiusitas, nasionalisme dan kemandirian menjadi sebagai fokus utama PPK.

Bupati Bandung yang akrab disapa Kang DS mengungkapkan, tiga muatan lokal dalam kurikulum pendidikan sudah diimplementasikan sejak tahun ajaran 2021/2022. Dirinya pun berharap, mulok tersebut dapat membentuk generasi Kabupaten Bandung yang bedas, baik secara intelektual maupun spiritual.

“Seluruh siswa di Kabupaten Bandung wajib mempelajari tiga muatan lokal ini. Jangan sampai para siswa kita memiliki karakter buruk tidak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, tidak mengenal bahasa dan budaya sendiri, apalagi tidak berakhlak mulia,” tegasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Pancasila BUPATI BANDUNG DADANG SUPRIATNA kesaktian pancasila