Dubes Rosan Terima Penghargaan Prestisius dari Oklahoma State University

Editor: M. Rifat

10 Oktober 2022 04:18 10 Okt 2022 04:18

Thumbnail Dubes Rosan Terima Penghargaan Prestisius dari Oklahoma State University Watermark Ketik
Dari kiri ke kanan : Dr. Randy Kluver; Konjen RI di Houston, Andre Omer Siregar; Dubes Rosan Roeslani; Istri Dubes Rosan, Ayu Heni Rosan; Istri Konjen RI di Houston, Rika Siregar; dan Dr. Ken Eastman dalam seremoni penganugerahan Henry G. Bennett Distinguished Fellow Award (7/10) di Wes Watkins, Oklahoma State University (OSU). (Foto : dok. KBRI Washington, D. C.)

KETIK, SURABAYA – Duta Besar (Dubes) Republik Indonesia untuk Amerika Serikat (AS), Rosan P. Roeslani, menerima Henry G. Bennett Distinguished Fellow Award dari Oklahoma State University. Penganugerahan penghargaan tersebut dilaksanakan Jumat lalu (7/10) di Wes Watkins, Oklahoma State University (OSU). Acara dihadiri State Senator Oklahoma, Tom Dugger, serta sekitar 60 civitas akademika OSU.

“Ini sebuah kehormatan bagi saya menerima penghargaan dari almamater. Saya berterima kasih kepada OSU yang telah turut membentuk pengembangan pribadi dan profesional saya,” ucap Rosan dalam sambutannya.

Rosan memang merupakan alumnus OSU tahun 1992. Pria 53 tahun tersebut saat itu mengambil gelar ganda yakni Manajemen dan Bisnis Umum serta minor di bidang Keuangan. “Saya berharap kesempatan ini dapat menjadi awal dari persahabatan dan kerja sama yang produktif antara Indonesia dan OSU,” tambah Rosan dalam siaran pers Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Washington, D.C. 

Kontribusi Rosan di bidang pendidikan, pelayanan publik, diplomasi, dan komitmennya pada perdamaian global menjadi pertimbangan OSU memberikan Henry G. Bennet Award kepadanya. Rosan tercatat sebagai penerima pertama penghargaan tersebut dalam sepuluh tahun terakhir. Tahun ini,  penghargaan Henry G. Bennett juga dianugerahkan kepada Charles Dambach, yang merupakan salah satu nominasi penerima Nobel Perdamaian 2017.

Sebelum penyerahan penghargaan, Rosan menyampaikan kuliah umum mengenai hubungan bilateral Indonesia-AS dan perspektif bisnis. Kuliah tersebut memberi gambaran mengenai pertumbuhan ekonomi dan prioritas Indonesia saat ini. Juga potensi penguatan hubungan kerja sama Indonesia-AS.

Dia menambahkan, berkunjung kembali ke OSU mengingatkannya pada masa 34 tahun silam. “Masa tinggal saya di Oklahoma adalah momen yang tidak terlupakan. Saat kuliah saya mendapat pekerjaan di salah satu dealer mobil, dimana saya belajar tentang penjualan, menghubungkan klien dan pelanggan, serta cara menjalankan sebuah bisnis.” ucap pria yang menjabat sebagai Dubes RI untuk AS mulai 25 Oktober 2021 tersebut.

Foto Dubes RI untuk AS, Rosan P. Roeslani, saat menyampaikan kuliah umum di Oklahoma State University (7/10). (Foto: dok. KBRI Washington, D. C.)Dubes RI untuk AS, Rosan P. Roeslani, saat menyampaikan kuliah umum di Oklahoma State University (7/10). (Foto: dok. KBRI Washington, D. C.)


Rosan merupakan Dubes ke-21 RI untuk AS. Sebelumnya, dia pernah memegang berbagai jabatan penting lain di Indonesia. Di antaranya Ketua Umum KADIN periode 2015-2021 dan Ketua Satuan Tugas Omnibus Law.

Rosan juga pernah menerima bintang jasa Belgia (Commander in the order of Leopold II) pada 2017. Dia mendapatkan itu atas perannya memajukan hubungan bilateral Indonesia-Belgia khususnya dalam bidang kerja sama ekonomi.

Penghargaan Henry G. Bennett selama ini diberikan kepada individu yang berkontribusi luar biasa pada OSU, isu-isu global, kemanusiaan, juga pendidikan. Penerima penghargaan ini sebelumnya di antaranya adalah mantan Perdana Menteri Republik Korea, Dr. Duck-woo Nam. Ada juga mantan Menteri Luar Negeri AS, Jenderal Colin Powell dan Condoleezza Rice. OSU sendiri merupakan salah satu universitas bersejarah di AS yang telah berdiri sejak tahun 1890.

Selain menerima penghargaan Henry Bennet Award, Rosan juga mendapat kehormatan diperkenalkan kepada sekitar 60 ribu penonton pertandingan Football. Momen yang sangat bergengsi tersebut dilaksanakan pada saat third quarter pertandingan Football antara Oklahoma State Cowboys dengan Texas Tech Red Raiders pada Sabtu (8/10).

Tags:

Dubes AS Rosan Roeslani internasional KBRI