Entas Kemiskinan dan Berdayakan Disabilitas, DPRD Surabaya Apresiasi Rumah Konveksi Binaan Pemkot

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: M. Rifat

11 Juni 2023 15:26 11 Jun 2023 15:26

Thumbnail Entas Kemiskinan dan Berdayakan Disabilitas, DPRD Surabaya Apresiasi Rumah Konveksi Binaan Pemkot Watermark Ketik
Wakil Ketua DPRD Surabaya AH Thony saat mengunjungi rumah Konfeksi Arsyadina. (Foto: Humas DPRD Surabaya)

KETIK, SURABAYA – Pimpinan DPRD Kota Surabaya mengapresiasi Pemkot Surabaya atas upaya mereka bersinergi dengan pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) untuk mengentas kemiskinan dengan memberikan keterampilan bagi keluarga miskin (gakin).

Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya Ah Thony mengunjungi rumah Konveksi Arsyadina di Jalan Sidomulyo, Kecamatan Sukomanunggal (11/6/2023). Di sana AH Thony mengapresiasi upaya Pemkot Surabaya yang memberdayakan puluhan disabilitas.

Beberapa disabilitas di usaha konveksi tersebut tampak mahir menjahit, maka dari itu mereka juga memberi pelatihan kepada gakin Kota Surabaya.

"Ekonomi kerakyatan kini menjadi prioritas utama Pemkot Surabaya, salah satunya dengan meningkatkan produk UMKM di semua wilayah Surabaya," ujar AH Tony.

AH Thony mengaku kagum dengan Konveksi Asyadina yang mampu memfasilitasi disabilitas menunjukkan kemampuan kepada masyarakat, bahkan menjadi pembimbing.

"Saya menangkapnya adalah sebuah kecerdasan hati dari Pemerintah Kota, dari Asyadina, dari dinas sosial. Karena saya mendapatkan informasi dari Asyadina, penyandang disabilitas ini banyak yang dari dinas sosial," papar Wakil Ketua DPRD Surabaya itu.

Upaya memberdayakan disabilitas dan masyarakat dari keluarga miskin merupakan sebuah langkah baik yang dilakukan Pemerintah Kota Surabaya melalui organisasi perangkat daerah (OPD) terkait.

"Kami apresiasi pada pola pendekatan yang dilakukan Pemerintah Kota dalam rangka mengatasi kemiskinan dengan cara masyarakat miskin itu berketrampilan," papar Politisi Gerindra ini.

AH Thony membeberkan penting bagi pemerintah bisa bekerja sama dengan konveksi tersebut jika nantinya membutuhkan seragam. Dengan begitu, pendapatan masyarakat di sana dapat meningkat.

"Sekarang ada tenaga yang bisa membuat seragam, walaupun mahal sedikit tidak apa-apa. Tapi memihak pada masyarakat yang sudah dilatih ini," ujarnya.

Mengenai pemberdayaan tersebut, AH Thony berharap program ini dapat berlanjut ke depannya. Caranya dengan melakukan pendampingan, mulai mendapatkan pekerjaan hingga mendapatkan peluang di luar. (*)

Tombol Google News

Tags:

DPRD Surabaya mengentas kemiskinan AH Thony Wakil DPRD UMKM Konfeksi Arsyadina