Hari Ini Harga Minyak Lesu, Menyentuh US$70,8 per Barel

Jurnalis: S. Widodo
Editor: Marno

12 Mei 2023 02:34 12 Mei 2023 02:34

Thumbnail Hari Ini Harga Minyak Lesu, Menyentuh US$70,8 per Barel Watermark Ketik
Ilustrasi pengeboran minyak lepas pantai. (Foyo: Istockphoto)

KETIK, JAKARTA – Harga minyak turun sekitar 2 persen ke level terendah satu minggu pada Kamis (11/5/2023).

Penurunan harga minyak dipicu oleh ketegangan politik seputar batas utang AS memicu kekhawatiran resesi pada konsumen minyak terbesar di dunia, sementara klaim pengangguran AS yang meningkat dan data ekonomi China yang lemah memberikan tekanan.


Kontrak berjangka minyak Brent turun US$1,43 atau 1,9 persen menjadi US$74,98 per barel, sedangkan minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) turun US$1,69 atau 2,3 persen menjadi US$70,87.


Pada  Jumat (12/5), data dolar memperkuat argumen untuk Federal Reserve menghentikan kenaikan suku bunga, tetapi tidak memicu harapan pemangkasan suku bunga hingga akhir tahun.
Penguatan dolar AS membuat minyak menjadi lebih mahal di negara-negara lain.

Suku bunga yang lebih tinggi dapat memberikan tekanan pada permintaan minyak dengan meningkatkan biaya pinjaman, sehingga mempengaruhi pertumbuhan ekonomi.


Menteri Keuangan Amerika Serikat Janet Yellen mendesak Kongres untuk meningkatkan batas utang federal sebesar US$31,4 triliun dan mencegah kebangkrutan yang belum pernah terjadi sebelumnya yang dapat memicu penurunan ekonomi global.


"Ketidakpastian mengenai batas utang AS, masalah perbankan baru-baru ini yang dapat memicu krisis kredit di sebagian besar industri minyak, dan kemungkinan resesi yang tetap tinggi, tetap menjadi hambatan signifikan bagi pasar minyak," kata para analis dari perusahaan konsultan energi Ritterbusch and Associates dalam sebuah catatan.


Indeks saham Dow dan S&P 500 AS (DJI), (SPX) turun setelah masalah terbaru dari bank berbasis di California, PacWest Bancorp (PACW.O), memicu kepanikan di sektor perbankan regional.
Harga produsen AS naik secara moderat bulan lalu, dengan peningkatan inflasi produsen tahunan terkecil dalam lebih dari dua tahun.


Sementara itu, pemerintahan Presiden Joe Biden mengungkapkan rencana komprehensif untuk mengurangi emisi gas rumah kaca. Hal itu adalah langkah terbesar yang dilakukan sejauh ini dalam upaya  mendekarbonisasi ekonomi demi melawan perubahan iklim.


Pemberian pinjaman bank baru di China turun jauh lebih tajam daripada yang diperkirakan pada April, menambah kekhawatiran bahwa pemulihan ekonomi setelah pandemi kehilangan momentum.


"Harga minyak lebih rendah setelah putaran data China lainnya, kali ini data keuangan, yang mengkonfirmasi bahwa pemulihan ekonomi mereka dari Covid terus mengecewakan," kata Edward Moya, analis pasar senior di perusahaan data dan analitik OANDA.


Pasar minyak sebagian besar mengabaikan proyeksi permintaan minyak global dari Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) untuk 2023, yang memperkirakan permintaan di China, importir minyak terbesar di dunia, akan meningkat.


OPEC memproyeksikan permintaan minyak China akan meningkat sebesar 800 ribu barel per hari (bph), naik dari proyeksi sebesar 760 ribu bph bulan lalu.
Namun, OPEC mengatakan peningkatan permintaan China tersebut bisa diimbangi oleh risiko ekonomi di tempat lain, termasuk pertempuran batas utang AS.(*)

Tombol Google News

Tags:

Harga minyak lesu krisis kredit. Perbankan pengangguran AS