Hari Ini Rapat Kabinet Formasi Lengkap Pertama di IKN, Bahas Transisi Kekuasaan ke Prabowo

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: M. Rifat

12 Agustus 2024 03:06 12 Agt 2024 03:06

Thumbnail Hari Ini Rapat Kabinet Formasi Lengkap Pertama di IKN, Bahas Transisi Kekuasaan ke Prabowo Watermark Ketik
Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke Kaltim dengan para menteri (12/8/2024). (Foto: BPMI Setpres)

KETIK, KUTAI KARTANEGARA – Presiden Joko Widodo meminta para menteri menyiapkan transisi pemerintahan dalam rapat kabinet pertama di Ibu Kota Nusantara (IKN), Senin (12/8/2024).

Menurutnya, harus dipastikan langkah apa saja yang perlu dipersiapkan para menteri menjelang pelantikan Presiden Terpilih Prabowo Subianto. Jokowi ingin memastikan peralihan kekuasaan akan berjalan dengan baik.

“Masalah yang lain-lain memang untuk keberlanjutan ini apa, transisi apa yang harus disiapkan oleh semua kementerian. Itu saja kira-kira,” kata Jokowi dikutip dalam kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (12/8/2024).

Selain itu, Jokowi juga akan membahas mengenai kondisi indeks manajer pembelian atau purchasing managers index (PMI) yang berguna menjadi indikator ekonomi yang mengukur arah perkembangan tren ekonomi pada sektor manufaktur dan jasa.

Selain itu, Jokowi berharap bahwa sidang kabinet menjadi penanda dan pesan bagi semua pihak bahwa IKN telah siap untuk digunakan.

“Kita akan menjelaskan kembali mengenai IKN," kata Jokowi.

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga memuji kondisi IKN yang menurutnya bersih dari polusi. Dia juga menyebut untuk pertama kalinya seluruh menteri Kabinet Indonesia Maju (KIM) diajak secara bersamaan dan diharapkan turut merasakan bersihnya udara IKN.

“Saya ingin Pak Wapres, Pak Prabowo dan semua menteri merasakan betapa bersihnya udara di pagi hari di IKN. Tadi kita cek untuk air quality indeks-nya 6," kata dia.

Selain sidang kabinet, Jokowi juga menjelaskan bahwa akan ada sejumlah agenda peresmian peletakkan batu pertama atau groundbreaking yang akan dia lakukan bersama Wakil Presiden Ma'ruf Amin maupun terpisah.

“Ada groundbreaking beberapa. Dari investor termasuk juga Istana Wapres akan di-groundbreaking oleh Pak Wapres," katanya.

Presiden membawa semua menteri ke IKN. Dia ingin menggelar rapat kabinet perdana di Ibu Kota Nusantara. Hal ini dilakukan setelah pembangunan IKN fase pertama hampir selesai.

Sebelumnya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono memastikan Istana Negara dan Istana Garuda di IKN siap menyambut gelaran tersebut.

"Untuk Istana Garuda sudah siap, ruangan untuk sidang kabinet sudah siap, listrik, air, air conditioner sudah siap, termasuk ruang tidur beliau mudah-mudahan nanti jadi nyenyak," ucap Basuki pada Kamis (8/8/2024). (*)

Tombol Google News

Tags:

AgustusanIKN Presiden Joko Widodo Rapat Kabinet Rapat Kabinet Perdana IKN Ibu Kota Negara Jokowi Kim