Ini Satu-satunya Daerah di Jawa Timur yang Tak Terjamah BCA, Ada Apa?

Jurnalis: Al Ahmadi
Editor: M. Rifat

21 Januari 2024 07:53 21 Jan 2024 07:53

Thumbnail Ini Satu-satunya Daerah di Jawa Timur yang Tak Terjamah BCA, Ada Apa? Watermark Ketik
Ilustrasi potret transaksi menggunakan uang tunai. (Foto: Al Ahmadi/Ketik.co.id)

KETIK, JAKARTA – Terdapat satu daerah di Jawa Timur (Jatim) yang tidak memiliki satupun kantor dan ATM Bank Central Asia atau BCA.

Wilayah ini terletak di ujung barat daya Jatim, berbatasan dengan Kabupaten Wonogiri dan Gunung Kidul di Provinsi Jawa Tengah.

Memiliki luas wilayah 1.389,87 km² dan berpenduduk sekitar 592.916 jiwa. Secara geografis daerah tersebut didominasi oleh pegunungan dan perbukitan.

Saat ini, daerah di Jatim itu terkenal akan wisata pantai dan goanya yang sangat menakjubkan.

Namun siapa sangka, meski ratusan kantor cabang dan ATM BCA sudah tersebar di berbagai daerah, satu wilayah ini belum mempunyai fasilitas banking tersebut.

Lantas, apa nama daerah di Provinsi Jatim yang tak memiliki satupun kantor cabang maupun ATM BCA tersebut?

Melansir data dari lama resmi bca.co.id, daerah yang dimaksud tersebut tak lain adalah Kabupaten Pacitan.

Menurut data, secara keseluruhan hingga saat ini telah ada sebanyak 224 kantor cabang BCA di 38 kabupaten dan kota se-Jawa Timur.

Sementara, Kota Seribu Satu Gua alias Kabupaten Pacitan adalah satu-satunya daerah yang belum memiliki kantor cabang maupun ATM BCA.

"Belum ada didirikan mesin ATM ataupun kantor Cabang BCA maka hal tersebut sesuai dengan kebijakan Cabang BCA dan juga wilayah atau ketentuan dari pihak pemerintah terkait. Salah satunya belum ada perijinan dari pemerintah di wilayah tersebut," jelas Letta, admin layanan chat BCA, Minggu, (21/1/2023).

Selain itu, sambungnya, dapat ditanyakan langsung kepada pihak pemerintah daerah setempat. Sebab, menurutnya regulasi tersebut berada wilayah setempat.

"Silakan konfirmasi kepada pihak Pemda," imbuhnya.

Maka dari itu wisatawan nasabah BCA wajib tahu. Bahwa, penting untuk mempersiapkan duit tunai sebelum terpaksa melakukan penarikan di luar mekanisme dari pihak terkait.

Diberitakan sebelumnya, Mohammad Naufal Ardiansyah (29) sempat gelisah. Pasalnya, ia tidak bisa menarik uangnya di sekitar pusat kota kelahiran Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tersebut.

Kegelisahan semakin menjadi. Sebab, ia mendapati informasi bahwa hingga kini belum terdapat kantor cabang maupun ATM Bank BCA di wilayah sekitar.

Kendati begitu, dirinya sempat belum percaya dan mencoba berkeliling di beberapa lokasi. Namun nahas, hasilnya pun tetap nihil alias tidak berhasil menemukan.

"Kan keliling ke beberapa tempat central, seperti di pusat kota, pasar, terakhir di Museum SBY-Ani, tapi ternyata baru tahu kalau tidak ada ATM BCA di Pacitan," katanya kepada ketik.co.id, Sabtu, (13/1/2023).

Nasabah dapat memutuskan untuk melakukan transaksi dengan menggunakan ATM Bersama. Namun dengan catatan, kemungkinan bakal memakan biaya administrasi lebih tinggi. (*)

Tombol Google News

Tags:

BCA DI PACITAN BCA pacitan kabupaten pacitan
04. Home Sidebar 1
06. Home Sidebar 3 04. Home Sidebar 1