Inilah Perbedaan Madu Berwarna Terang dan Gelap

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Rudi

27 Januari 2023 09:45 27 Jan 2023 09:45

Thumbnail Inilah Perbedaan Madu Berwarna Terang dan Gelap Watermark Ketik
Ilustrasi Madu. ( Foto :Valeria/Pexels.com)

KETIK, SURABAYA – Madu sejak dahulu dipercaya sebagai makanan yang mengandung banyak nutrisi baik bagi tubuh. Selain itu madu juga sering digunakan sebagai pengganti gula karena dipandang lebih sehat.

Madu pun terdiri dari banyak jenis tergantung bunga yang dikonsumsi oleh lebah. Selain itu madu ada yang berwarna gelap dan terang Ternyata, ini karena adanya perbedaan tingkat suhu dalam proses pembuatan madu dapat memengaruhi warnanya.

Foto Ilustrasi Madu. ( Foto :Valeria/Pexels.com)Ilustrasi Madu. ( Foto :Valeria/Pexels.com)

 

Semakin panas maka madu pun akan berwarna semakin gelap. Namun, bisa juga madu yang semua kamu simpan berwarna terang akan berubah menjadi gelap. Hal tersebut bisa dipengaruhi oleh suhu lingkungan saat kamu menyimpan madu.

Perbedaan warna ini juga berpengaruh  rasa  madu tersebut. Madu yang terang memiliki rasa yang lebih lembut, dan madu yang lebih gelap memiliki rasa yang lebih pekat. Selain itu penggunaannya pun juga berbeda.

Madu yang berwarna gelap biasanya cenderung lebih sering digunakan untuk berbagai masakan karena teksturnya yang khas. Meskipun sering banyak digunakan, rupanya madu berwarna gelap memiliki harga yang lumayan mahal.

Sedangkan madu yang lebih terang banyak digunakan untuk campuran minuman karena rasanya yang lembut. Namun tentu hal ini kembali pada preferensi masing masing.

Madu dengan warna yang lebih gelap mengandung lebih sedikit air. Maksudnya madu jenis ini lebih kaya manfaat dan nutrisi daripada yang berwarna terang.

Selain itu, madu yang berwarna gelap lebih kaya antioksidan daripada yang terang. Mengutip Healthline, kandungan antioksidan pada madu dapat membantu mengurangi risiko penuaan, diabetes tipe 2, hingga serangan jantung.(*)

Tombol Google News

Tags:

Madu Lebah Kegunaan Antioksidan diabetes