Inovasi Dosen UHW Perbanas untuk Bantu Pelaku Usaha Jasa Boga

Jurnalis: Mustopa
Editor: Marno

5 Agustus 2023 20:50 5 Agt 2023 20:50

Thumbnail Inovasi Dosen UHW Perbanas untuk Bantu Pelaku Usaha Jasa Boga Watermark Ketik
Inovasi Dosen UHW Perbanas untuk Bantu Pelaku Usaha Jasa Boga (Foto: UHW Perbanas)

KETIK, JAKARTA – Tim pengabdian masyarakat Universitas Hayam Wuruk (UHW)Perbanas menghadirkan aplikasi pengelolaan keuangan untuk membantu Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Aplikasi itu diberi nama Siricing, akronim dari Sistem Informasi Catering.

Aplikasi tersebut menyasar pelaku UMKM di bidang usaha jasa boga. Tujuannya untuk mempermudah proses pencatatan keuangan, pelaporan pesanan, hingga pelaporan kinerja usaha.

Ada tiga dosen Universitas Hayam Wuruk Perbanas yang terlibat dalam inovasi tersebut. Mereka adalah Hariadi Yutanto, Romi Ilham, dan Ellen Theresia Sihotang

Menurut Ketua Tim Pengabdian Masyarakat, Hariadi Yutanto, fitur yang ada dalam aplikasi Siricing cukup lengkap dan sesuai dengan kebutuhan pengelolaan keuangan pelaku UMKM di bidang usaha katering.

"Karena kadang-kadang mereka kesulitan dalam pencatatan yang masih manual," ungkap Anto dalam keterangan yang diterima Ketik.co.id, Sabtu (5/8/2023).

"Jadi, muaranya memang ke pelaporan keuangan sehingga saat UKM mau mengajukan kredit ke bank, pelaporan itu bisa digunakan secara sistem," jelas Dosen Universitas Hayam Wuruk Perbanas ini.

Menariknya, aplikasi Siricing tidak hanya mampu diandalkan sebagai platform pengelolaan keuangan. Ada fitur yang bisa digunakan sebagai pemasaran karena terintegrasi dengan media sosial Tiktok.

"Jadi, semua bisa mengambil informasi dari Tiktok sampai dengan strategi bisnis digitalnya," Anto menambahkan.

Sementara itu, pemilik usaha Bunda Tasty Catering, Pawitra Citra Rukmana senang dengan kehadiran aplikasi Siricing. Kata dia, platform mampu menjadi solusi bagi para pelaku usaha sepertinya.

"Aplikasi Siricing ini membantu kami mulai dari awal pencatatan, pelaporan hingga memberikan informasi kepada customer pun disampaikan dengan detail," jelas Rama, sapaan akrabnya.

Dia juga berharap para pelaku usaha yang lain juga bisa dibuatkan aplikasi untuk membantu memgembangkan bisnisnya. Sehingga usahanya bisa menjadi lebih maju dengan sentuhan digital.(*)

Tombol Google News

Tags:

UHW Perbanas Universitas Hayam Wuruk Siricing