Jangan Kerja Terus! Terapkan Work Life Balance Supaya Tidak Stres

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: M. Rifat

21 Oktober 2023 03:29 21 Okt 2023 03:29

Thumbnail Jangan Kerja Terus! Terapkan Work Life Balance Supaya Tidak Stres Watermark Ketik
Ilustrasi stress saat bekerja. (Foto: Freepik)

KETIK, MALANG – Semua orang tahu bahwa di dunia ini tidak ada sesuatu yang tak membutuhkan uang. Terlebih di era modern yang serba cepat dan kompetitif ini, banyak orang yang dituntut bekerja tanpa henti.

Bayangkan jika seluruh hidup kalian hanya didedikasikan untuk bekerja. Lambat laun tubuh, pikiran, dan tenaga kalian pasti akan merasa lelah. Jika tidak ada penanganan yang tepat, bisa-bisa membuat stres berkepanjangan.

Maka dari itu sangat penting rehat sejenak dan memprioritaskan diri kalian sendiri. Terapkanlah work life balance, menyeimbangkan antara pekerjaan dan kehidupan kalian. Berikut adalah cara yang dapat kalian lakukan untuk mendapatkan kehidupan yang seimbang ini!

1. Bekerja Sesuai Kontrak

Penting sekali mematuhi jam kerja yang telah kalian sepakati di awal bekerja. Fokuslah pada pekerjaan yang menjadi prioritas dan jobdesk kalian. Jangan terburu-buru mengiyakan pekerjaan lain yang tidak sesuai, saat jobdesk utama belum selesai. Cobalah produktif selama jam kerja dan berikan batasan dengan berhenti saat jam kerja berakhir. 

2. Sisipkan Waktu Istirahat Saat Bekerja

Luangkanlah waktu untuk beristirahat meskipun hanya sebentar. Lakukan peregangan pada tubuh kalian supaya tidak terlalu kaku. Atau kalian juga bisa mengambil nafas panjang dan melakukan meditasi sebentar supaya fikiran kembali rileks. Waktu istirahat ini juga dapat kalian gunakan untuk makan, mengisi ulang gelasmu, dan bercengkerama dengan teman.

3. Ambil Jatah Liburmu

Meskipun kalian sudah terlalu kecanduan bekerja, tetaplah ambil jatah liburmu. Jangan gunakan waktu libur ini untuk menyicil pekerjaan. Jika perlu manfaatkan jatah cuti yang dimiliki untuk berlibur maupun menghabiskan waktu bersama keluarga. Rilekskan tubuh dan pikiran, rayakanlah kehidupan di luar pekerjaan kalian yang berat itu.

4. Berani Berkata Tidak

Berdedikasi di pekerjaan memang baik, tapi tidak semua tugas tambahan yang diberikan harus kalian terima. Kalian dapat menolak pekerjaan yang dilimpahkan menjelang waktu pulang kerja dan saat targetmu telah selesai. Atau pekerjaan tambahan yang dilimpahkan kepada kalian di saat hari libur. Cukup terima pekerjaan tambahan yang paling penting dan mendesak saja. Kalian dapat belajar menolak dengan halus dan tetap santun.

5. Healing

Salah satu elemen penting dalam work-life balance adalah healing. Banyak sekali kegiatan yang dapat menjaga kewarasanmu, mulai dari berolahraga, melakukan perawatan tubuh dengan facial, spa, berbelanja, maupun pergi ke tempat yang indah dan menyenangkan. Manjakan diri sejenak hingga kalian merasa seperti terlahir kembali. Dengan demikian, kalian dapat kembali semangat bekerja di esok hari.(*)

Tombol Google News

Tags:

Stres bekerja work life balance butuh healing tips bekerja mengatur waktu