Ini Tips Bagi Mahasiswa Tambah Pengalaman Kerja Saat Masih Kuliah

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Gumilang

26 Oktober 2023 03:30 26 Okt 2023 03:30

Thumbnail Ini Tips Bagi Mahasiswa Tambah Pengalaman Kerja Saat Masih Kuliah Watermark Ketik
Ilustrasi mahasiswa. (Foto: Freepik)

KETIK, MALANG – Sangat penting menyiapkan masa depan sedini mungkin. Ketatnya dunia kerja, membuat setiap orang termasuk mahasiswa terus bersaing memperoleh pekerjaan yang diminati. Bagi Mahasiswa, saat masih kuliah, terbuka lebar menambah pengalaman kerja.

Mahasiswa memiliki waktu berharga untuk mengambil banyak peluang dalam mempersiapkan diri masuk ke dunia kerja. Aktif dan berprestasi secara akademis, bukanlah satu-satunya hal yang akan dinilai oleh HRD.

Beragam pengalaman yang kalian dapatkan selama kuliah akan menjadi nilai tersendiri. Berikut adalah tips yang dapat membantu mahasiswa menambah pengalaman kerja.

1. Perbanyak Magang

Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) memberikan kesempatan yang sangat lebar bagi mahasiswa untuk mencicipi dunia kerja. Manfaatkan program tersebut untuk mencari tempat magang yang sesuai dengan keinginan kalian.

Dengan magang, kalian akan mendapatkan banyak wawasan tentang dunia kerja. Kalian juga dapat memanfaatkan program magang yang disediakan oleh setiap perusahaan. Jangan sampai takut untuk memulai karna pengalaman ini dapat membantu selama mencari pekerjaan.

2. Menjadi Pengurus di Organisasi

Ada banyak pengalaman dan keterampilan yang bisa kalian dapatkan selama menjadi pengurus organisasi. Di sini skill kalian untuk memecahkan masalah, leadership, manajemen waktu, dan kemampuan lainnya dapat terasah. Aktif dalam organisasi juga dapat membuat kalian memiliki banyak relasi yang berguna dalam dunia kerja. 

3. Bergabung Menjadi Volunteer

Bergabung sebagai volunteer dalam kegiatan sosial atau amal menjadi salah satu cara menambah pengalaman. Kemampuan komunikasi, kepekaan sosial, dan nilai-nilai pribadi yang positif dapat menjadi cerminan karakter dari diri kalian.

Jangan ragu jika ada info mengenai pembukaan volunteer. Misalnya dengan menjadi pendamping mahasiswa difabel, pemberdayaan masyarakat, mengajar di daerah terpencil, dan sebagainya. 

4. Ikut Projek Dosen

Dekatilah dosen kalian dan menjadi mahasiswa yang aktif dalam kegiatan perkuliahan. Hal tersebut untuk membuka peluang bagi kalian mendapatkan tawaran dosen bergabung dalam projek yang akan dilakukan.

Dosen seringkali membutuhkan asisten maupun tim dalam penelitian tertentu. Manfaatkan peluang ini sebaik-baiknya supaya kalian semakin memiliki banyak pengalaman.

5. Freelance

Kalian patut bersyukur jika memiliki keterampilan seperti menulis, desain, menggambar, pengembang web, dan sebagainya. Namun tak perlu khawatir jika tidak memilikinya. Kalian dapat perlahan mencari tahu dan mengembangkan potensi yang dimiliki.

Setelah itu carilah pekerjaan sampingan yang dapat dilakukan secara fleksibel tanpa mengganggu perkuliahan. Tawarkan jasa yang kalian miliki dengan membangun portofolio. Banyak sekali website yang berguna bagi para freelancer. Pengalaman ini dapat memperkaya isi dari CV kalian nantinya.

Tombol Google News

Tags:

Pengalaman Kerja mahasiswa mencari pengalaman menambah pengalaman tips bekerja fresh graduate