Kerinci, Semeru dan Marapi Erupsi, Gunung Dempo Aman

Jurnalis: Almi Raisyah
Editor: M. Rifat

19 Januari 2023 09:10 19 Jan 2023 09:10

Thumbnail Kerinci, Semeru dan Marapi Erupsi, Gunung Dempo Aman Watermark Ketik
Gunung Dempo Pagar Alam (AL/ketik.co.id)

KETIK, PAGAR ALAM Di awal 2023 beberapa gunung berapi di Indonesia mengalami erupsi serta peningkatan aktivitas vulkanik. Itu seperti gunung Marapi Sumatera Barat, Gunung Anak Krakatau, Gunung Ijen dan Kerinci.

Dengan kondisi beberapa aktivitas gunung meningkat, Gunung Dempo yang terletak di Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan masih di level II, atau status waspada. Hal ini diungkapkan Kepala Pos Pengamatan Gunung Dempo, Megian, kemarin (18/1).

Megian menjelaskan, sejauh ini gunung dempo tidak ada keterkaitan ataupun dampak dengan terjadinya erupsi gunung Marapi di Sumbar. "Yah, untuk saat ini belum ada dampak apapun,"kata Megian.

Dengan terjadinya erupsi ataupun peningkatan aktivitas vulkanik di beberapa gunung, Megian menyebut pihaknya terus memantau aktivitas gunung Dempo.

"Dihimbau kepada masyarakat, khususnya Pagar Alam agar tidak mudah terpengaruh dengan berita-berita yang belum jelas kebenaranya,"pungkasnya.

Gempa 5.3 Magnitude KAUR Bengkulu Guncang Pagaralam

Sementara itu, Sabtu (14/1) pagi sekitar pukul 05.41 WIB masyarakat Pagar Alam sempat dibikin gempar dengan adanya getaran gempa yang terasa begitu kuat.

Meski gempa bumi yang terjadi tak begitu lama, akan tetapi getarannya cukup kuat hingga tak sedikit membuat kaca jendela warga ikutan bergetar. Masyarakat Pagar Alam yang turut merasakan gempa bumi ini turut meninggalkan jejak digitalnya di Media Sosial (Medsos), hingga sejumlah pengguna Medsos di Pagaralam pun ramai memuat pesan status di laman Facebook (Fb) masing-masing, dengan tulisan 'Gempe Besak Nagh' sembari beristighfar.

Gempa bumi saat itu berkekuatan 5.3 Magnitudo dengan kedalaman 18 km, 5.14 Lintang Selatan (LS) dan 102.99 Bujur Timur (BT), berlokasi di daerah KAUR Bengkulu Provinsi Bengkulu dan tidak berpotensi terjadinya tsunami.(*)

Tombol Google News

Tags:

gunung erupsi meletus dempo aman pagaralam